Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Ukraina terkena rentetan rudal dan kilang Rusia terkena serangan

(Bloomberg) — Ukraina berada di bawah serangan rudal besar-besaran Rusia semalam yang menargetkan infrastruktur gas dan target lainnya, sementara Ukraina meresponsnya dengan menyerang kilang minyak Rusia dengan drone.

Moskow mengumumkan serangan drone Ukraina terhadap kilang minyak Slavyansk di wilayah Krasnodar, serangan pertama sejak awal bulan ini.

Kantor berita TASS yang dikelola pemerintah mengatakan serangan itu menyebabkan kebakaran, sehingga menghentikan sebagian operasi penyulingan. TASS, mengutip perwakilan kilang, mengatakan pabrik itu dihantam oleh sepuluh drone. Kementerian Pertahanan Rusia menyebutkan 66 drone dicegat dan ditembak jatuh di wilayah Krasnodar.

Drone milik dinas keamanan Ukraina menargetkan bandara militer Koshevsk dan kilang Slavyansk dan Ilsky di wilayah Krasnodar, menurut seseorang yang mengetahui operasi tersebut namun tidak berwenang untuk berbicara secara terbuka. Pejabat dan media Rusia tidak menyebut fasilitas Ilsky.

Kilang minyak Slavyansk dapat memproses 4 juta ton minyak setiap tahunnya, dan merupakan salah satu fasilitas terdekat dengan zona perang di Ukraina timur. Stasiun tersebut sebelumnya dibom oleh drone pada bulan Maret, bersama dengan beberapa kilang besar Rusia lainnya. Beberapa fasilitas yang terkena dampak masih beroperasi lebih sedikit dibandingkan sebelum serangan.

Amerika Serikat memperingatkan Ukraina bahwa serangan terhadap kilang minyak Rusia mempengaruhi pasar energi global dan mendesak Kiev untuk fokus pada sasaran militer. Serangan drone terakhir terhadap kilang minyak Rusia terjadi pada 2 April.

Sementara itu, di Ukraina, sekitar 21 rudal Rusia dari berbagai jenis dicegat dalam semalam dari 34 rudal yang diluncurkan, kata Angkatan Udara Ukraina melalui Telegram. Angkatan Darat Polandia mengirimkan pesawatnya dua kali ketika rudal Rusia terbang dekat perbatasannya.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan terbaru, termasuk pemboman malam hari, menargetkan fasilitas energi dan pertahanan serta infrastruktur kereta api sebagai tanggapan terhadap upaya Kiev untuk “merusak fasilitas energi dan industri Rusia.”

READ  Krisis Gaza dan teroris asing mungkin mendorong pemikiran ulang strategi keamanan di Kashmir

Presiden Volodymyr Zelensky memperbarui seruannya untuk menambah sistem pertahanan udara dari sekutu Ukraina.

“Dunia mempunyai semua sumber daya untuk membantu kita mencegat setiap rudal dan drone. Yang diperlukan hanyalah implementasi keputusan dan perjanjian politik yang diperlukan,” kata Zelensky di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Baca selengkapnya: Pasukan Rusia maju saat Ukraina menunggu senjata baru AS

Perusahaan Ukrainergo, yang mengoperasikan jaringan listrik nasional, mengatakan dalam sebuah pernyataan di Facebook bahwa target yang diluncurkan oleh pasukan Kremlin termasuk fasilitas energi di wilayah Lviv dan Ivano-Frankivsk di barat dan wilayah Dnipropetrovsk di Ukraina tengah.

Naftogaz yang dikelola pemerintah mengatakan fasilitas infrastruktur gas diserang tetapi layanan kepada pelanggan dan konsumen Ukraina tidak terganggu.

“Serangan terhadap pembangkit listrik di Kryvyi Rih, Dnipro, Lviv dan Ivano-Frankivsk telah membuat ribuan warga Ukraina berada dalam kegelapan,” Bridget Brink, duta besar AS untuk Ukraina, mengatakan pada X. Rumah Sakit Kharkov.”

Secara terpisah, Der Spiegel melaporkan bahwa Ukraina telah meminta tambahan 812 pesawat pengintai Vector kepada Jerman, selain 212 yang sudah disediakan oleh pemerintah di Berlin.

Drone lepas landas dan mendarat vertikal ini diproduksi oleh Quantum-Systems GmbH, sebuah perusahaan yang berbasis di Munich yang membuka fasilitas kedua di Ukraina bulan ini pada sebuah upacara yang dihadiri oleh Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck.

-Dengan bantuan dari Ian Rogers.

(Pembaruan dengan Kementerian Pertahanan Rusia di paragraf kedelapan.)

Lebih banyak cerita seperti ini tersedia di mekarberg.com

©2024Bloomberg LP

Buka dunia yang penuh manfaat! Dari buletin bermanfaat hingga pelacakan inventaris waktu nyata, berita terhangat, dan umpan berita yang dipersonalisasi – semuanya ada di sini, hanya dengan satu klik! Masuk sekarang!

READ  DRDO Mendekati CCS untuk Persetujuan Proyek AMCA | berita terbaru india