Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Bagaimana serangga yang menggunakan pantatnya untuk menjentikkan tetesan urin dapat membuat jam tangan pintar Anda tetap kering

Bagaimana serangga yang menggunakan pantatnya untuk menjentikkan tetesan urin dapat membuat jam tangan pintar Anda tetap kering

Snipe bersayap kaca adalah serangga yang mengesankan saat buang air kecil, dan dapat menginspirasi desain yang lebih efisien untuk perangkat tahan air.

Saad sedang berkampanye di kebun sayurnya di Atlanta, Georgia, saat pertama kali melihat prestasi ini. Penembak jitu membentuk tetesan urin bulat rapi yang Anda potong dengan kecepatan kilat. Bhamla, asisten profesor teknik biomolekuler Georgia Tech, mengeluarkan iPhone-nya untuk mengambil beberapa video gerakan lambat.

“Semakin saya perbesar, semakin saya menyadari dia melakukan sesuatu yang menarik,” kata Bhamla. tepi.

“Semakin saya memperbesar, semakin saya menyadari dia melakukan sesuatu yang menarik.”

Ternyata si penembak jitu melakukan sesuatu dengan urinnya yang belum didokumentasikan dalam sistem biologis—fenomena yang disebut superthrust. Bagaimana penembak jitu melakukannya dirinci dalam Dossier Makalah penelitian Bhamla dan rekan melaporkan minggu ini di jurnal Komunikasi Alam. Dan itu mungkin hanya membantu manusia mencari cara untuk mencapai dorongan super juga — bukan dengan buang air kecil tetapi dengan jam tangan pintar dan perangkat lain yang mengeringkan diri.

Sederhananya, dorongan super memungkinkan objek elastis terbang dengan kecepatan lebih cepat daripada objek yang diluncurkannya. Pengaturan waktu yang tepat antara tubuh licin dan ketapel memberi tubuh dorongan energi. Untuk memahami fenomena ini, pertimbangkan seorang penyelam Olimpiade, Bhamla menjelaskan. Penyelam yang terampil dapat menyesuaikan lompatan untuk mendapatkan energi maksimum dua ton dari papan loncatan.

Setelah merekam video dengan iPhone-nya, Bhamla dan rekan-rekannya beralih ke kamera berkecepatan tinggi dan mikroskop untuk melihat penembak jitu lebih dekat. Apa yang mereka temukan adalah pena dubur, alias butt flash, dan itulah kunci cara unik serangga menangani bisnisnya. Kedipan belakang bergerak mundur untuk memberi ruang bagi urin yang masuk, memungkinkannya membentuk tetesan di ujung ekor serangga. Pada saat yang sama, flash memampatkan tetesan, memungkinkan energi membangun tegangan permukaan.

READ  Parker Solar Probe NASA telah menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang "menyentuh" ​​matahari

Setelah drop memiliki ukuran dan bentuk yang tepat, flasher berputar kembali 15 derajat. Lalu itu Drop mengibas seperti pinball. Butt flash sangat cepat, berakselerasi lebih dari 40 Gs, yang 40 kali lebih cepat dari akselerasi cheetah yang lincah. Yang lebih menakjubkan adalah bahwa urin terbang dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada pantat yang berkedip – tanda overdrive.

Sebagai manfaat tambahan, taktik ini juga sangat hemat energi. Lagi pula, tetesan itu bergerak lebih cepat daripada peluncuran ketapelnya. Penembak jitu sebenarnya buang air kecil dengan cara ini untuk menghemat energi karena mereka buang air kecil banyak. Kanibal akan minum dan buang air kecil hingga 300 kali berat badannya dalam sehari karena mereka memiliki pola makan yang sangat rendah kalori dan kekurangan nutrisi dari getah tumbuhan. Dan dia harus menyemprotkan urinnya untuk mencegah tetesan itu menempel padanya seperti bola sirup maple.

Apa hubungannya ini dengan jam tangan pintar? Misalnya, fitur Water Lock Apple Watch dapat menyemprotkan air keluar dari perangkat setelah berenang. Namun setahu Hamla, perangkat seperti ini belum menggunakan hyperthrus. Jika insinyur dapat belajar dari penembak jitu, mereka mungkin dapat merancang sistem pembuangan air yang lebih efisien untuk perangkat tersebut. Dengan cara ini, Anda juga dapat menjaga jam tangan tetap kering dan mengisi daya untuk waktu yang lebih lama. Jenis teknologi yang sama dapat digunakan pada alat bantu dengar atau apa pun yang ingin Anda jadikan tahan air.

Para peneliti menguji metode tersebut dengan menggunakan pengeras suara.
gambar: Laboratorium Bhamla

Bhamla dan timnya menguji taktik penembak jitu dengan memantulkan air dari pengeras suara ke meja dapur. Mereka menggunakan getaran speaker untuk memampatkan tetesan kecil, membangun tegangan permukaan. Dengan pengaturan waktu yang tepat, mereka kemudian dapat meluncurkan jatuhan dengan kecepatan tinggi.

READ  Penerbangan Helikopter Mars ke-50 NASA - "Kita Tidak Lagi di Mars Kansas"

Meskipun kelihatannya tepat, trik yang berguna ini bukanlah yang membuat serangga itu mendapat julukan “penembak jitu”. Sebagian besar dikenal di Amerika Serikat sebagai a luka untuk petani. Itu bisa terlihat seperti bekas gigitannya Seperti lubang peluru kecil di daun, dan dapat menularkan penyakit dari satu tanaman ke tanaman lainnya. Buang air kecil yang berlebihan juga bisa menyebabkan buah menjadi pucat.

Bhamla berharap penelitiannya akan menginspirasi lebih banyak orang untuk melihat serangga dengan perspektif baru. “Saya pikir itu akan membuat anak-anak berjiwa muda dan usia lanjut pergi ke halaman belakang mereka dan melihat serta bersenang-senang,” katanya. tepi. “Sangat menyenangkan. Itu cukup bagus untukku.”