Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Bintang Film di Lima Puluh dan Enam Puluh: Kematian Herta Stahl

Dia adalah bintang film di tahun-tahun pascaperang: Herta Stahl. Aktris dengan akar Austria juga merayakan kesuksesan besar di teater. Herta Stahl kini telah meninggal di rumah angkatnya di Munich pada usia 91 tahun. Marion Wagner, sahabat Stahl, mengumumkan hal ini kepada kantor berita Jerman DPA pada hari Sabtu.

Staal mulai dikenal pada 1950-an dan 1960-an dengan film-film seperti “Die Rosel vom Schwarzwald”. Dia lahir di Wina dan menarik diri dari industri ini beberapa dekade yang lalu. Pemakaman akan dilakukan di Austria.

Karier di atas panggung serta di film dan televisi

Akting, menari, menyanyi, sulih suara – Herta Stahl adalah pendiri artistik yang komprehensif. Selama karirnya lebih dari 40 tahun, Stahl muncul di panggung di seluruh Jerman dan merayakan kesuksesan dengan tampil di The Tattooed Rose karya Tennessee Williams atau sebagai Coulomb dalam drama Jeanne Anouilh dengan nama yang sama. Selain itu, ia telah bermain dalam produksi film dan televisi seperti “Where the old woods rush” (1956) dan “A Waltz dream” (1969). Dia telah muncul di opera dan musikal dan telah bekerja di radio dan sebagai aktris pengisi suara.

Johannes Hesters Stahl dibawa ke Jerman

Stahl menyelesaikan pelatihan tari klasiknya, termasuk di Vienna State Opera, serta belajar akting dan menyanyi. Pada usia 18 tahun, ia memulai debutnya di Wiener Stadttheater. Para peserta membawanya ke Teater Warga Wina dan Teater Negara Bagian Graz. Bintang film Johannes “Joeby” Hesters (1903-2011) pernah berdiri di atas panggung bersama Stahl di Wina dan kemudian mengundang pria berusia 20 tahun itu dalam tur di Jerman – jadi dia beralih ke topik tragis dan meninggalkan negara asalnya, Austria.

READ  Ayo menari: Penari terkenal ini berhasil mencapai final

Pensiun selama 35 tahun di Munich – dan masih mengagumi Post

Herta Stahl telah tinggal di Munich selama lebih dari 35 tahun – di “apartemen kecil yang menyenangkan, di lantai delapan dengan pemandangan Alpen yang indah,” seperti yang dia katakan dalam sebuah wawancara dengan dpa pada kesempatan ulang tahunnya yang ke-85. Bahkan di usia tuanya, dia terus menemukan surat penggemar di kotak suratnya. “Orang-orang belum melupakanku.”