Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Enam belas peziarah tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Irak saat acara keagamaan  Berita agama

Enam belas peziarah tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Irak saat acara keagamaan Berita agama

Pembantaian sering terjadi di jalan raya Irak selama acara keagamaan Arbaeen ketika jutaan orang berduyun-duyun ke kota Karbala.

Sebuah kecelakaan lalu lintas di Irak utara telah menewaskan sedikitnya 16 orang, sebagian besar dari mereka adalah peziarah Syiah Iran, ketika jutaan orang berkumpul di kota suci Karbala untuk ziarah Arbaeen, salah satu pertemuan keagamaan terbesar di dunia.

Dan Kantor Berita resmi Irak menyatakan, pada hari Sabtu, mengutip Khaled Burhan, direktur layanan kesehatan di Kegubernuran Salah al-Din, bahwa kecelakaan yang terjadi antara kota Dujail dan Samarra juga melukai sedikitnya 13 orang.

Al-Burhan tidak menyebutkan penyebab kecelakaan tersebut, namun mengatakan bahwa sebagian besar korban tewas adalah pengunjung dari Iran. Dia menambahkan, korban luka dibawa ke rumah sakit.

Seorang pejabat medis di Salah al-Din mengatakan kepada AFP tanpa menyebut nama karena dia tidak berwenang berbicara kepada pers bahwa dua minibus bertabrakan sesaat sebelum tengah malam pada hari Jumat.

Pejabat tersebut mengatakan, mengutip saksi mata, bahwa salah satu pengemudi diyakini tertidur saat mengemudi. Korban tewas diperkirakan mencapai 18 orang.

Tahun ini, 2,6 juta pengunjung, kebanyakan dari Iran, telah memasuki Irak baik melalui darat maupun udara sejak dimulainya Arbaeen, menurut angka yang dirilis Jumat oleh Kementerian Dalam Negeri.

Pertemuan tersebut menandai berakhirnya masa berkabung selama 40 hari atas terbunuhnya Imam Hussein – tokoh pendiri Islam Syiah dan cucu Nabi Muhammad. Itu berakhir tahun ini pada 6 dan 7 September.

Kecelakaan lalu lintas menewaskan lebih dari 4.900 orang tahun lalu di Irak, rata-rata 13 orang per hari, menurut data Kementerian Kesehatan.

Konflik, pengabaian, dan korupsi yang merajalela telah menyebabkan infrastruktur Irak yang kaya minyak, termasuk jalan dan jembatan, rusak. Para pejabat juga mengatakan bahwa mengebut dan menggunakan ponsel saat mengemudi berkontribusi terhadap kecelakaan.

READ  Pengendara kereta bawah tanah New York mencekik penari jalanan yang malang sampai mati, video menunjukkan dia memegang leher pria kulit hitam selama 3 menit