Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Gempa bumi Jepang: PM Modi mengirimkan pesan solidaritas kepada Fumio Kishida karena lebih dari 200 orang masih hilang |  10 perkembangan besar

Gempa bumi Jepang: PM Modi mengirimkan pesan solidaritas kepada Fumio Kishida karena lebih dari 200 orang masih hilang | 10 perkembangan besar

Perdana Menteri Narendra Modi telah menulis surat kepada Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida untuk menyatakan solidaritasnya terhadap Jepang dan rakyatnya, kata sumber kepada kantor berita PTI pada hari Jumat. Perkembangan ini terjadi beberapa hari setelah serangkaian insiden malang yang mengguncang Jepang pada minggu ini.

Perdana Menteri Modi menulis kepada Kishida pada hari Kamis, mengatakan India menghargai hubungannya dengan Jepang sebagai “mitra strategis dan global khusus, dan siap untuk memberikan semua bantuan yang mungkin pada saat ini,” kata sumber.

Dalam suratnya kepada mitranya dari Jepang, Perdana Menteri Modi menyampaikan bahwa dia “sangat prihatin dan prihatin” terhadap gempa bumi tersebut dan menyatakan “belasungkawa yang mendalam” kepada keluarga mereka yang tewas dalam gempa tersebut, kata sumber.

Modi berkata: “Saya merasa sangat sedih dan khawatir ketika mengetahui tentang gempa besar yang melanda Jepang pada tanggal 1 Januari.” Sebuah sumber mengutip perkataan Modi kepada Perdana Menteri Jepang, “Saya menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga yang kehilangan nyawa mereka. Kami berdiri dalam solidaritas dengan Jepang dan rakyatnya yang terkena dampak bencana.”

Inilah semua yang terjadi di Jepang minggu ini:

1. Jepang dilanda gempa berkekuatan 7,5 pada Hari Tahun Baru. Gempa tersebut merenggut nyawa hingga 94 orang. Agence France-Presse melaporkan sebanyak 464 orang terluka dan lebih dari 200 lainnya hilang.

2. Operasi penyelamatan terhambat oleh cuaca buruk dan jalan rusak, sementara tim penyelamat Jepang pada hari Jumat mencari 222 orang yang masih hilang, empat hari setelah gempa dahsyat tersebut.

3. Listrik padam untuk sekitar 30.000 keluarga di wilayah Ishikawa, dan pasokan air ke 89.800 rumah di sana dan di dua wilayah tetangganya. Ratusan orang berada di tempat penampungan pemerintah.

READ  Hari Malu Pakistan, kata Imran Khan sebagai orang Sri Lanka

4. Kerugian akibat gempa diperkirakan mencapai 800 miliar yen ($5,5 miliar). Bloomberg Mengutip Takahide Kiyoshi, ekonom eksekutif di Nomura Research Institute.

5. Pemerintah Jepang berencana menggunakan dana cadangan sebesar 4,74 miliar yen untuk membantu daerah yang terkena gempa, Kyodo News melaporkan, mengutip menteri keuangan.

6. Pada hari Jumat, Amerika Serikat mengumumkan bantuan sebesar $100.000, termasuk selimut, air, dan pasokan medis, dan berjanji untuk memberikan lebih banyak bantuan. Pemain liga utama Dodgers Shohei Ohtani juga mengumumkan bantuan untuk wilayah Noto, meskipun dia tidak mengungkapkan jumlahnya.

7. Kecelakaan malang lainnya terjadi di negara tersebut ketika sebuah pesawat Japan Airlines yang membawa ratusan penumpang bertabrakan dengan pesawat bantuan gempa dan terbakar saat mendarat di Bandara Haneda Tokyo pada hari Selasa. Seluruh penumpang Airbus A350 yang berjumlah 379 orang selamat, namun lima dari enam awak Penjaga Pantai tewas saat mereka berangkat untuk mengirimkan bantuan ke zona gempa.

8. Landasan pacu di Bandara Haneda Tokyo, yang telah ditutup sejak dua pesawat bertabrakan di sana pada hari Selasa, kemungkinan akan dibuka kembali pada 8 Januari, kata Menteri Transportasi Jepang Tetsu Saito.

9. Kecelakaan yang terjadi di landasan pacu pada hari Selasa di Jepang menandai pertama kalinya sebuah pesawat ringan modern terbakar dan dipandang sebagai sebuah uji coba seberapa baik pesawat komposit karbon generasi baru dapat menangani bencana kebakaran.

10. Sebuah tim pejabat keselamatan transportasi mencari perekam suara di badan pesawat Japan Airlines yang terbakar parah pada hari Jumat untuk mendapatkan informasi penting tentang penyebab tabrakan dengan pesawat kecil Penjaga Pantai di landasan pacu Bandara Haneda Tokyo.

(Dengan masukan dari agensi)

READ  Lihatlah peta vaksin global saat delta menjulang

Buka dunia yang penuh manfaat! Dari buletin bermanfaat hingga pelacakan inventaris waktu nyata, berita terhangat, dan umpan berita yang dipersonalisasi – semuanya ada di sini, hanya dengan satu klik! Masuk sekarang!