Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Helikopter yang membawa Presiden Iran Raisi jatuh di pegunungan: lapor

Helikopter yang membawa Presiden Iran Raisi jatuh di pegunungan: lapor

Ebrahim Raisi terpilih sebagai Presiden Iran pada upaya kedua pada tahun 2021. (Arsip)

Dubai:

Seorang pejabat Iran mengatakan kepada Reuters bahwa sebuah helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi dan menteri luar negerinya jatuh pada hari Minggu ketika melintasi daerah pegunungan dalam kabut tebal, dan tim penyelamat berjuang untuk mencapai lokasi kecelakaan.

Pejabat itu mengatakan bahwa nyawa Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian “dalam bahaya setelah kecelakaan helikopter” yang terjadi saat kembali dari kunjungan ke perbatasan dengan Azerbaijan di barat laut Iran.

“Kami masih optimis, namun informasi yang didapat dari lokasi jatuhnya pesawat sangat mengkhawatirkan,” kata pejabat tersebut kepada Reuters, yang meminta tidak disebutkan namanya.

Televisi pemerintah mengutip seorang pejabat yang mengatakan bahwa setidaknya satu penumpang dan seorang anggota awak telah melakukan kontak dengan tim penyelamat. Dikatakan juga bahwa helikopter tersebut telah ditemukan, meskipun Bulan Sabit Merah Iran membantah laporan tersebut.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, yang memiliki kekuasaan absolut dan mempunyai keputusan akhir atas kebijakan luar negeri dan program nuklir Iran, berusaha meyakinkan rakyat Iran, dengan mengatakan tidak akan ada gangguan terhadap urusan negara.

Media pemerintah Iran mengatakan cuaca buruk menyebabkan kecelakaan itu dan mempersulit upaya penyelamatan. Kantor Berita Republik Islam Iran menyebutkan Raisi terbang dengan helikopter Bell 212 buatan AS.

Kepala Staf Angkatan Darat Iran memerintahkan penggunaan seluruh sumber daya Angkatan Darat dan Pasukan Khusus Garda Revolusi dalam operasi pencarian dan penyelamatan.

Berita terkini di NDTV

Sebelumnya, lembaga penyiaran nasional tersebut menghentikan semua program reguler yang menampilkan doa yang diadakan untuk Raisi di seluruh negeri.

Pada Senin dini hari, foto tersebut menunjukkan tim penyelamat yang mengenakan jaket terang dan obor, berkerumun di sekitar perangkat GPS saat mereka mencari di lereng gunung yang menghitam dengan berjalan kaki di tengah badai salju.

READ  Serangan Gaza dan Israel hari ini Berita terbaru, 109 tewas dalam serangan udara Israel di Gaza, dan berita serangan Israel-Palestina sudah langsung

Media pemerintah mengutip seorang komandan militer regional yang mengatakan: “Kami sedang melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap setiap inci area umum lokasi kecelakaan.” Dia menambahkan, “Wilayah ini mengalami cuaca yang sangat dingin, hujan dan berkabut. Hujan secara bertahap berubah menjadi salju.”

Negara-negara tetangga menyatakan keprihatinannya dan menawarkan bantuan dalam operasi penyelamatan apa pun. Gedung Putih mengatakan bahwa Presiden AS Joe Biden telah diberi pengarahan mengenai laporan terkait insiden tersebut. Turki mengatakan pihaknya telah mengalokasikan sebuah drone, helikopter, kendaraan, dan tim penyelamat setelah ada permintaan dari pihak berwenang Iran. Uni Eropa telah menawarkan teknologi pemetaan satelit darurat untuk membantu Iran dalam pencarian.

Garis keras, calon penerus Khamenei

Keruntuhan ini terjadi pada saat meningkatnya pertentangan di Iran atas berbagai krisis politik, sosial dan ekonomi. Para penguasa agama Iran menghadapi tekanan internasional karena program nuklir Teheran yang kontroversial dan hubungan militer yang erat dengan Rusia selama perang di Ukraina.

Sejak sekutu Iran, Hamas, menyerang Israel pada tanggal 7 Oktober, yang memicu serangan Israel di Gaza, konflik yang melibatkan kelompok-kelompok sekutu Iran telah meletus di Timur Tengah.

Raisi, 63, terpilih sebagai presiden pada tahun 2021, dan sejak menjabat ia telah memerintahkan undang-undang etika yang lebih ketat, mengawasi tindakan keras berdarah terhadap protes anti-pemerintah, dan mendorong keras perundingan nuklir dengan negara-negara besar.

Dalam sistem politik ganda Iran, yang terbagi antara kelompok ulama dan pemerintah, Khamenei, mentor Raisi yang berusia 85 tahun dan pemimpin tertinggi sejak tahun 1989, lah yang memiliki kekuasaan dalam pengambilan keputusan pada semua kebijakan utama.

Selama bertahun-tahun, Raisi dipandang oleh banyak orang sebagai pesaing kuat untuk menggantikan Khamenei, yang mendukung kebijakan-kebijakan utama Raisi.

READ  Pemimpin Taliban Mullah Baradar dalam daftar Times 100 orang paling berpengaruh pada tahun 2021 | berita Dunia

Kemenangan Raisi dalam pemilu tahun 2021 menempatkan semua cabang kekuasaan di bawah kendali kelompok garis keras, setelah delapan tahun ketika Presiden Hassan Rouhani yang pragmatis menjabat dan merundingkan perjanjian nuklir dengan Washington.

Namun, pendirian Raisi mungkin dipengaruhi oleh protes yang meluas terhadap pemerintahan ulama dan kegagalan memperbaiki perekonomian Iran, yang terhambat oleh sanksi Barat.

Raisi berada di perbatasan Azerbaijan pada hari Minggu untuk meresmikan Bendungan Qiz-Qalasi, sebuah proyek bersama. Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, yang mengatakan dia telah mengucapkan “perpisahan persahabatan” kepada Raisi pada hari sebelumnya, menawarkan bantuan dalam operasi penyelamatan.

(Kecuali judulnya, cerita ini belum diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)