Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Hubble berhasil menangkap gambar Cincin Einstein yang menakjubkan

© ESA / Hubble & NASA, T. Treu Ucapan Terima Kasih: J. Schmidt

yang mana Teleskop Hubble Dia memiliki gambar yang bagus untuk seseorang Cincin Einstein dibuat. Efek ini terjadi ketika galaksi bertindak sebagai lensa gravitasi. Karena Einstein meramalkan efek ini melalui teori relativitasnya, fenomena ini disebut cincin Einstein.

Dalam gambar, Anda dapat melihat lingkaran yang hampir sempurna, dengan 2 galaksi bercahaya berada di tengah dan 4 galaksi lagi dapat ditemukan di dalam lingkaran. Faktanya, hanya ada tiga galaksi yang digambarkan di sini. Faktanya, tepatnya, mereka hanya 2 galaksi dan quasar yang jauh.

Quasar di tengah terlihat seperti dua titik. Kedua galaksi berada dalam lingkaran dan mereka terlihat seperti 4 galaksi pada gambar. Karena massa kedua galaksi ini di latar depan sangat besar, salah satunya telah tercipta Membungkuk dalam kontinum ruang dan waktu. Kemudian cahaya yang bergerak melalui suksesi ruang-waktu ini mencapai teleskop kita dengan cara yang terdistorsi, tetapi pada saat yang sama diperkuat. Dalam hal ini adalah Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Efek ini tidak hanya indah jika dilihat, tetapi juga dapat digunakan secara sadar oleh para astronom. Kemudian lensa gravitasi bertindak sebagai semacam kaca pembesar untuk melihat ke kedalaman ruang. Selain itu, ukuran distorsi dapat digunakan untuk menghitung massa galaksi.

Tapi lensa gravitasi juga bisa berguna di galaksi kita, misalnya lubang hitam trek dan sekitar Menjelajah planet luar Untuk menemukan mereka yang memisahkan diri dari sistem bintang mereka.

Salinan besar gambar cincin Einstein dapat ditemukan di Situs web ESA diunduh.

READ  Microsoft mengumumkan rilis Windows 10 21H2