Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

India menjadi importir terbesar ke-3 pada tahun 2050: Laporan Inggris

Dengan pertumbuhan kelas menengah dan peningkatan pengeluaran, India akan menjadi importir terbesar ketiga di dunia pada tahun 2050 dengan pangsa hingga 5,9% dari impor global, tepat di belakang China dan Amerika Serikat, sebuah laporan baru mengatakan. . Saat ini, India menempati urutan kedelapan di antara negara-negara pengimpor terbesar dengan pangsa impor 2,8% dan akan menjadi importir terbesar keempat pada tahun 2030.

“Pangsa AS dan UE di sebagian besar sektor impor diperkirakan akan menurun hingga 2030 karena meningkatnya daya beli kelas menengah di Asia menyebabkan peningkatan pangsa permintaan impor global. Perubahan ini terutama terlihat di sektor pangan. , perjalanan dan sektor layanan digital di mana diharapkan bahwa populasi yang lebih makmur di Indo-Pasifik mengkonsumsi lebih banyak barang dan jasa yang dapat dipilih.”

Pusat gravitasi ekonomi dunia telah bergeser ke arah timur selama beberapa dekade karena pertumbuhan yang cepat di Indo-Pasifik, menyebabkan pola perdagangan berubah saat bergerak. Antara 2019 dan 2050, 56% pertumbuhan global diperkirakan berasal dari Indo-Pasifik, dibandingkan dengan seperempat dari gabungan Uni Eropa dan Amerika Utara. Pertumbuhan di kawasan Indo-Pasifik juga diperkirakan akan kembali seimbang dari waktu ke waktu, dengan kontribusi yang lebih tinggi dari Asia Selatan (didorong oleh India).”

Cina adalah pendorong utama pergeseran ekonomi ke arah timur ini karena diperkirakan akan menjadi ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2030. Cina telah menggantikan Amerika Serikat dalam hal paritas daya beli (yang mewakili perbedaan harga domestik) pada pertengahan 2010-an. Namun berdasarkan nilai tukar pasar, yang lebih relevan dengan perdagangan, perubahan tersebut diperkirakan akan terjadi sekitar tahun 2030. “Pada titik ini, kedua negara akan menyumbang sekitar 22% dari PDB global,” kata laporan itu.

READ  COVID-19 tidak memiliki nenek moyang alami yang dapat diandalkan, COVID-19 diciptakan oleh ilmuwan Cina di laboratorium Wuhan: sebuah studi baru

Laporan tersebut memperkirakan bahwa India akan melompat ke tempat ketiga pada tahun 2050 dalam peringkat ekonomi terbesar dunia, setelah China dan Amerika Serikat, dengan pangsa 6,8% dari PDB global. Saat ini, India menempati urutan kelima dalam hal ukuran ekonomi dunia dengan pangsa 3,3%. PDB India diperkirakan akan melampaui Jerman pada tahun 2030 untuk menjadi ekonomi terbesar keempat.

Laporan tersebut menyatakan bahwa “peran negara berkembang dalam sistem perdagangan akan meningkat dari waktu ke waktu, konsisten dengan peningkatan bobot mereka dalam ekonomi global.”

“Grup E7” dari tujuh negara berkembang terbesar – Cina, India, Brasil, Rusia, Indonesia, Meksiko, dan Turki – diperkirakan akan menyamai pangsa permintaan impor global G7 pada tahun 2050. Tujuh negara terkaya di dunia – Kanada, membentuk Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Inggris Amerika Serikat adalah bagian dari Kelompok Tujuh negara industri utama