Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Jajak pendapat presiden AS: Donald Trump dan Joe Biden menyapu bersih Super Tuesday.  Bisakah Nikki Haley berhasil?

Jajak pendapat presiden AS: Donald Trump dan Joe Biden menyapu bersih Super Tuesday. Bisakah Nikki Haley berhasil?

Super Selasa telah tiba. Para pemilih di 16 negara bagian AS dan satu teritori AS memberikan suara dalam pemilihan pendahuluan presiden. Ini adalah bagian penting dari proses pemilihan presiden AS tahun 2024 di mana Partai Demokrat dan Republik akan mengumumkan calon presiden terakhir mereka. Hasilnya kemungkinan akan dipublikasikan mulai Rabu.

Kali ini, pilihannya tampak sederhana. Kedua partai politik sudah memiliki kejelasan mengenai siapa kandidat mereka, dengan Joe Biden (pemimpin Partai Demokrat) dan Donald Trump (pemimpin Partai Republik) melakukan tur ke negara bagian yang melakukan pemungutan suara awal.

Apa itu Super Selasa?

Super Tuesday adalah hari pemilihan pendahuluan di mana sebagian besar negara bagian menyelenggarakan pemilihan pendahuluan dan kaukus serta menentukan jumlah delegasi calon di partainya masing-masing. CBC News menjelaskan bahwa lebih dari sepertiga delegasi yang tersedia untuk nominasi Partai Republik dan Demokrat dipertaruhkan pada Super Tuesday.

Disebut Super Tuesday karena lebih banyak delegasi yang dipertaruhkan pada tanggal 5 Maret dibandingkan tanggal lainnya selama kampanye pendahuluan.

Baca juga | Menjelaskan: Bagaimana cara Amerika memilih presidennya? Sekilas tentang proses pemilu

Menurut laporan, 865 delegasi Partai Republik akan dialokasikan, dan pemenang nominasi presiden dari Partai Republik harus mengumpulkan 1.215 delegasi. Pemilihan pendahuluan Partai Demokrat pada hari Selasa dijadwalkan untuk mengalokasikan total 1.420 delegasi, dengan 1.968 delegasi diperlukan untuk memenangkan nominasi Partai Demokrat.

Negara bagian mana yang memberikan suara pada Super Tuesday?

Para pemilih akan memberikan suara mereka pada pemilihan pendahuluan presiden Partai Republik pada hari Selasa di 15 negara bagian: Alabama, Alaska, Arkansas, California, Colorado, Maine, Massachusetts, Minnesota, North Carolina, Oklahoma, Tennessee, Texas, Utah, Vermont dan Virginia.

READ  Ketika jumlah korban tewas meningkat di Gaza, truk es krim menjadi kamar mayat bagi para jenazah

The Guardian melaporkan bahwa semua negara bagian ini, kecuali Alaska, akan mengadakan pemilihan pendahuluan Partai Demokrat pada hari Selasa. Sementara itu, Samoa Amerika Wilayah AS akan mengadakan kaukus Partai Demokrat secara bersamaan. Ini juga merupakan hari terakhir bagi Partai Demokrat Iowa untuk mengirimkan surat suara utama mereka, kata laporan itu.

Bagi yang belum tahu, acara pemungutan suara besar – pemilihan pendahuluan dan kaukus – membantu memilih delegasi yang akan mewakili masyarakat dalam konvensi mendatang. Ini hanyalah dua cara masyarakat membantu negara dan partai politik memilih calon presiden.

Apa yang terjadi sejauh ini?

1. Mantan Presiden AS Donald Trump berusaha mengkonsolidasikan cengkeramannya pada nominasi presiden dari Partai Republik dengan menyapu bersih pemilihan pendahuluan Super Tuesday. Trump bermaksud memberikan pukulan fatal pada Super Tuesday kepada satu-satunya pesaingnya dalam nominasi presiden dari Partai Republik, Nikki Haley, menurut apa yang dilaporkan Reuters. Pesaing lain yang harus diperhatikan adalah Utah, yang populasi Mormonnya besar dan tidak menerima Trump.

2. Trump atau Haley? Trump kemungkinan akan mendekati 1.215 delegasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pemilu. Banyak negara bagian Super Tuesday memiliki demografi yang mendukung Trump, dan peraturan partai membatasi partisipasi non-Republik, Hindustan Times melaporkan.

Trump mengungguli Haley di setiap negara bagian Super Tuesday yang data jajak pendapat publik tersedia, menurut situs pelacakan jajak pendapat 538. Dan di California dan Texas, yang memiliki lebih dari 300 delegasi, Trump memimpin dengan rata-rata lebih dari 50 poin persentase. .

Namun sekutu Haley melihat peluang kemenangan yang sempit di negara bagian seperti Virginia, Massachusetts dan Vermont, yang memiliki pemilih kaya dan berpendidikan perguruan tinggi yang cenderung mendukung pencalonannya.

READ  Arab Saudi mengungkapkan kota terbalik yang luar biasa di padang pasir

Trump, yang kemungkinan besar merupakan kandidat dari Partai Republik dengan tingkat persetujuan sebesar 64%, menurut jajak pendapat Reuters/Ipsos, telah mengeksploitasi tantangan hukum yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk meningkatkan popularitasnya di kalangan basis elektoral dan mengumpulkan dana. Dia meraih kemenangan dalam kontes nominasi di Iowa, New Hampshire, Nevada, South Carolina, Michigan, Missouri dan Idaho. Dia mendorong sekutunya untuk mengambil alih kepemimpinan Komite Nasional Partai Republik sebelum konvensi partai tersebut pada bulan Juli.

3. Joe Biden, presiden dari Partai Demokrat, hampir memenangkan nominasi partainya, meski mendapat tantangan panjang dari Anggota Kongres Dean Phillips dan penulis self-help Marianne Williamson, lapor BBC. Dibutuhkan 1.968 delegasi untuk memenangkan nominasi Partai Demokrat. Biden telah mendapat dukungan dari 206 delegasi.

4. Penyanyi pop Taylor Swift mendesak para penggemarnya untuk memberikan suara pada Super Tuesday. “Hari ini, 5 Maret, adalah pemilihan pendahuluan presiden di Tennessee dan 16 negara bagian dan teritori lainnya,” tulis Swift di Instagram Story-nya. “Saya ingin mengingatkan kalian untuk memilih orang-orang yang paling mewakili Anda untuk berkuasa. Jika belum' belum, buatlah rencana untuk memilih.” Hari ini. Baik Anda berada di Tennessee atau di tempat lain di Amerika Serikat, periksa tempat dan waktu pemungutan suara Anda di Vote.org.”

5. Salah satu pemilu yang paling diawasi ketat di negara bagian ini adalah Carolina Utara, di mana pemilihan gubernur akan menjadi ujian kekuatan Demokrat di negara bagian yang jumlah pemilihnya yang terbagi tipis mencakup sejumlah besar pendatang baru.

6. Presiden Joe Biden menyampaikan siaran radio dengan tujuan untuk memperkuat posisinya di kalangan pemilih kulit hitam, sebuah daerah pemilihan penting bagi Partai Demokrat dalam pemilihan umum bulan November. Dalam wawancara radio yang disiarkan di Super Tuesday pagi bersama Ms. Jessica, seorang tokoh radio di Carolina Utara, Biden memuji pencapaiannya bagi para pemilih kulit hitam, seperti peningkatan pendanaan untuk perguruan tinggi dan universitas yang secara historis berkulit hitam dan investasi besar dalam infrastruktur yang bermanfaat bagi komunitas kulit hitam.

READ  Penjelasan: Tuduhan terorisme terhadap Imran dan fokus baru ketegangan politik di Pakistan

7. Hari-hari terakhir sebelum Selasa menunjukkan keunikan kampanye tahun ini. Alih-alih melakukan kunjungan kelompok ke negara-negara bagian di mana pemilihan pendahuluan sedang berlangsung, Biden dan Trump pekan lalu mengadakan acara yang saling bersaing di sepanjang perbatasan AS-Meksiko, di mana masing-masing negara mencari keuntungan dalam perdebatan imigrasi yang semakin sengit.

Setelah Mahkamah Agung memutuskan dengan skor 9-0 pada hari Senin untuk mengembalikan Trump ke pemungutan suara utama setelah upaya untuk melarangnya karena perannya dalam membantu memicu kerusuhan Capitol, Trump menunjuk 91 tuntutan pidana terhadapnya yang menuduh Biden menggunakan pengadilan sebagai senjata. “Lawanlah perjuanganmu sendiri. Jangan gunakan jaksa dan hakim untuk mengejar lawanmu,” kata Trump.

(Dengan masukan dari agensi)

Berikut ringkasan lengkap 3 menit dari semua yang dikatakan Menteri Keuangan Nirmala Sitharaman dalam pidato Anggarannya: Klik untuk mengunduh!