Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Tiongkok menghilangkan sinyal 'reunifikasi damai' ke Taiwan, meningkatkan belanja pertahanan sebesar 7,2%

Tiongkok menghilangkan sinyal 'reunifikasi damai' ke Taiwan, meningkatkan belanja pertahanan sebesar 7,2%

Tiongkok sedang bersiap untuk meningkatkan belanja pertahanannya sebesar 7,2 persen pada tahun 2024, seiring Beijing memperkuat sikapnya terhadap Taiwan, menurut laporan resmi yang dirilis pada hari Selasa. Tiongkok juga secara resmi menerapkan bahasa yang lebih keras terhadap Taiwan ketika menerbitkan angka anggaran, dan tidak menyebutkan “reunifikasi secara damai.”

Referensi ini dihilangkan dalam laporan pemerintah yang disampaikan oleh Perdana Menteri Li Qiang pada pembukaan Kongres Rakyat Nasional, parlemen Tiongkok.

Dalam laporan kerja pemerintah, Tiongkok mengulangi seruannya untuk melakukan “penyatuan kembali” dengan Taiwan, namun menambahkan penekanan bahwa Tiongkok ingin bersikap “teguh” dalam melakukan hal tersebut dan menghilangkan deskripsi “damai”, yang telah digunakan dalam laporan-laporan sebelumnya.

Meskipun ini bukan pertama kalinya Tiongkok menghapus kata “damai”, perubahan bahasa tersebut diawasi dengan ketat sebagai tanda potensial dari sikap yang lebih tegas terhadap Taiwan.

Tiongkok telah berupaya meningkatkan anggaran militernya, dan jumlahnya meningkat dua kali lipat selama 11 tahun pemerintahan Presiden Xi Jinping. Reuters tersebut. Kenaikan anggaran ini membalikkan angka yang diperkenalkan tahun lalu dan sekali lagi jauh di atas perkiraan pertumbuhan ekonomi pemerintah Tiongkok untuk tahun ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, ketegangan terkait Taiwan meningkat tajam seiring dengan meningkatnya pengerahan militer regional. Tiongkok mengklaim pulau yang diperintah secara demokratis itu sebagai miliknya.

Meskipun perekonomian Tiongkok melemah, Taiwan merupakan pertimbangan utama dalam belanja pertahanan Beijing, kata Li Mingjiang, peneliti pertahanan di Rajaratnam School of International Studies (RSIS) di Singapura. Reuters.

“Tiongkok menunjukkan bahwa dalam dekade mendatang, mereka ingin mengembangkan militernya hingga siap memenangkan perang jika tidak punya pilihan selain melawannya,” tambah Li.

berdasarkan Reuters Menurut laporan tersebut, dalam lebih dari satu dekade, sejak Xi menjadi presiden dan pemimpin tertinggi Tiongkok, anggaran pertahanan Tiongkok telah membengkak menjadi 1,67 triliun yuan ($230 miliar) pada tahun 2024 dari 720 miliar yuan pada tahun 2013.

READ  Seorang atlet Spanyol muncul dari gua setelah 500 hari: "Waktu berlalu dengan tenang..." | berita Dunia

Tingkat peningkatan belanja militer Tiongkok secara konsisten melampaui target pertumbuhan ekonomi domestik tahunan selama masa jabatan Xi. Tahun ini, target pertumbuhan pada tahun 2024 adalah sekitar 5 persen, serupa dengan target tahun lalu, menurut laporan pemerintah Tiongkok.

Berdasarkan data dari International Institute for Strategic Studies yang berbasis di London, anggaran Tiongkok tahun ini mewakili peningkatan belanja pertahanan selama tiga puluh tahun berturut-turut.

Pembelian peralatan baru kemungkinan akan menghabiskan sebagian besar anggaran seiring upaya militer untuk mencapai tujuan modernisasi penuh Xi pada tahun 2035, Institut Internasional untuk Studi Strategis mengatakan dalam laporan penelitian yang diterbitkan bulan lalu.

Dorongan ini berlanjut di beberapa bidang, dengan Tiongkok memproduksi senjata mulai dari kapal perang dan kapal selam hingga drone dan rudal canggih yang dapat dilengkapi dengan hulu ledak nuklir dan konvensional.

Pada bulan Juli 2023, Komisi Militer Pusat, badan militer tertinggi Tiongkok, memerintahkan “pembersihan” proses pengadaan dan meminta masyarakat untuk melaporkan pelanggaran.

Komite tersebut belum mengumumkan hasil penyelidikannya, namun setidaknya sembilan jenderal, termasuk empat jenderal yang bertanggung jawab langsung atas pengadaan, telah dicopot dari jabatannya sebagai anggota parlemen, suatu tindakan yang diperlukan sebelum mereka dapat dituntut di pengadilan.

Dua mantan menteri pertahanan, Li Changfu dan Wei Fenghe, juga menghilang tanpa penjelasan, yang di Tiongkok seringkali berarti mereka sedang diselidiki. Lee bertanggung jawab atas pengadaan militer dari tahun 2017 hingga 2022.

Pada hari Selasa, Dewan Urusan Daratan Taiwan mendesak Tiongkok untuk menerima kenyataan bahwa kedua belah pihak tidak tunduk satu sama lain. Dewan juga mendesak Tiongkok untuk membangun pertukaran lintas Selat yang sehat.

Menteri Pertahanan pulau itu mengatakan bahwa Angkatan Bersenjata Taiwan akan meningkatkan jumlah latihan rudal yang dilakukannya tahun ini.

READ  “Saya ingin meluangkan waktu untuk…”

Berikut ringkasan lengkap 3 menit dari semua yang dikatakan Menteri Keuangan Nirmala Sitharaman dalam pidato Anggarannya: Klik untuk mengunduh!