Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Nikki Haley, keturunan India-Amerika, memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Republik di Vermont melawan Donald Trump

Nikki Haley, keturunan India-Amerika, memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Republik di Vermont melawan Donald Trump

Nikki Haley meraih kemenangan mengejutkan atas Donald Trump dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik di Vermont

Washington:

Kandidat presiden Amerika asal India Nikki Haley meraih kemenangan mengejutkan atas Donald Trump dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik di negara bagian Vermont, AS, yang merupakan kemenangan keduanya dalam perebutan Gedung Putih pada tahun 2024.

Nikki Haley (52 tahun) mengungguli mantan Presiden Trump dengan 49,9 persen dibandingkan dengan 45,8 persen setelah 98 persen suara dihitung, menurut media Amerika.

Sementara Trump (77 tahun) mempertahankan keunggulannya di semua negara bagian lainnya, menuju nominasi Partai Republik, kemenangan Ny. Haley di Vermont merupakan kemenangan keduanya dalam pemilihan pendahuluan dan yang pertama pada Super Tuesday.

Tim kampanye Haley mengatakan pada hari Selasa bahwa dia “terhormat” dengan perkiraan kemenangannya dalam pemilihan pendahuluan presiden Partai Republik di Vermont.

“Kami merasa terhormat menerima dukungan dari jutaan warga Amerika di seluruh negeri hari ini, termasuk di Vermont di mana Nikki menjadi perempuan Partai Republik pertama yang memenangkan dua pemilihan pendahuluan presiden,” kata Olivia Perez-Cubas, juru bicara Haley, dalam sebuah pernyataan. “Persatuan tidak dicapai hanya dengan mengatakan bahwa kita bersatu.” Tim kampanye Haley mengatakan masih ada “sekelompok besar pemilih utama Partai Republik yang menyatakan keprihatinan mendalam” terhadap mantan presiden tersebut.

“Ini bukanlah persatuan yang dibutuhkan partai kita untuk berhasil,” kata Perez Cubas. “Mengatasi kekhawatiran para pemilih ini akan membuat Partai Republik dan Amerika menjadi lebih baik.”

Trump memiliki keunggulan besar dalam jumlah delegasi, dengan 893 delegasi, sedangkan Ny. Haley memiliki 66 delegasi.

Untuk memenangkan nominasi presiden dari Partai Republik, salah satu kandidat membutuhkan 1.215 delegasi.

READ  Bisakah orang India yang berada di kapal kargo yang ditahan itu kembali? Utusan Iran menjelaskan

Para pakar politik telah menunjuk Vermont sebagai peluang terbaik bagi Haley untuk memenangkan negara bagian tersebut, terutama mengingat sejarahnya yang mendukung kandidat Partai Republik yang moderat. Keuntungan lainnya adalah dia menerima dukungan tegas dari Gubernur Vermont Phil Scott pada akhir pekan.

“Vermont memiliki sejarah mendukung kandidat Partai Republik yang moderat, dan hal ini mendapat dukungan dari Gubernur Scott selama akhir pekan,” kata Alex Garlick, seorang profesor ilmu politik di Universitas Vermont. “Saya tidak berpikir itu menjadikannya favorit, tapi dia memiliki peluang terbaiknya.” Dia mengatakan kepada USA Today.

Pemilihan pendahuluan di Vermont dijalankan berdasarkan pemenang-ambil-semua, dengan 17 delegasi ditawarkan kepada kandidat yang memperoleh 50 persen atau lebih suara di seluruh negara bagian. Jika tidak, delegasi akan terbagi antara Ibu Haley dan Tuan Trump.

Dua hari yang lalu, Ibu Haley membuat sejarah dengan memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Republik di Washington, D.C., menjadi wanita pertama yang mencapai prestasi ini.

(Kecuali judulnya, cerita ini belum diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)