Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

“Joe Biden belum tua tapi..”: Donald Trump dalam pemilihan presiden AS |  berita Dunia

“Joe Biden belum tua tapi..”: Donald Trump dalam pemilihan presiden AS | berita Dunia

Donald Trump telah mengkritik Presiden AS Joe Biden atas pencalonannya pada pemilu 2024, dengan menyebut usia dan kelayakannya untuk menduduki jabatan tertinggi sebagai dua masalah yang berbeda, dan mengatakan presiden AS itu “tidak tua” namun “sangat tidak kompeten”, The Hill melaporkan.

Mantan Presiden AS Donald Trump (AFP)

Menurut wawancara baru yang dijadwalkan disiarkan pada hari Kamis, Trump berkata: “Usia itu menarik karena sebagian orang sangat cerdas, dan sebagian orang memang kehilangan kecerdasannya, namun Anda juga akan kehilangan kecerdasan tersebut pada usia 40 dan 50 tahun.”

“Tapi tidak, dia sama sekali tidak tua. Dia sangat tidak kompeten,” kata Trump di acara The Megyn Kelly Show di SiriusXM.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa Trump (77 tahun), yang mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2024, kemungkinan besar akan menghadapi Biden (80 tahun) dalam pemilihan umum.

Mantan presiden tersebut juga mempertanyakan hasil jajak pendapat yang mengklaim warga Amerika yakin Biden terlalu tua untuk menjabat sebagai presiden. Dalam perbincangannya, ia menyebut sejumlah sahabat dan pemimpin dunia yang masih memiliki kecerdasan mental meski sudah berusia sembilan puluhan.

“Tidak, bukan, bukan karena ‘orang-orang lama’,” kata Trump ketika ditanya apakah orang Amerika berhak untuk khawatir, dan menambahkan, “Saya punya teman, Bernie Marcus, berusia 90-an dan mereka sangat cerdas.” Saya hanya mengatakan apa yang dulu mereka lakukan. Tidak, itu tidak kuno. Itu tidak kompeten,” menurut The Hill.

Surat kabar The Hill melaporkan bahwa Trump dengan tegas menolak segala upaya yang menyatakan dia tidak memenuhi syarat untuk menjabat presiden karena usianya.

Percakapan antara Kelly dan Trump adalah yang pertama sejak Mei 2016, dan akan disiarkan pada Kamis siang.

READ  'Party Like the Russia' berubah menjadi racun di acara besar Putin

Pada tahun 2016, ketika Trump mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Republik, persaingan mereka mencapai puncaknya.