Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kapal Selam AS Rusak Akibat Tabrakan Pelabuhan di Laut China Selatan | Pemerintah dan politik

Robert Burns AP Penulis Keamanan Nasional

Washington (AP) – Kapal selam nuklir Angkatan Laut AS Rusak dalam tabrakan dengan objek bawah air yang tidak diketahui Angkatan Laut mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka tiba di pelabuhan di Guam akhir pekan lalu di Laut Cina Selatan.

Tidak ada rincian lebih lanjut yang tersedia tentang keadaan konflik atau tingkat kerusakan USS Connecticut, tetapi Kementerian Luar Negeri China menyatakan “keprihatinan serius” tentang apa yang telah terjadi.

“Amerika Serikat perlu mengklarifikasi secara rinci pihak-pihak yang terlibat, lokasi kecelakaan, tujuan kapal, detail kecelakaan, apakah bertabrakan dengan benar, apa yang menyebabkan kebocoran, dan sebagainya.

Ketika mengungkapkan kecelakaan itu pada hari Kamis, 2 Oktober, Angkatan Laut Pasifik AS mengatakan tidak ada kerusakan pada sistem propulsi sub-nuklir dan belum menentukan apakah objek bawah air telah terkena. Tidak disebutkan di mana bentrokan itu terjadi, tetapi pejabat lain mengatakan itu di Laut Cina Selatan.

READ  Belanja Minggu. Akankah supermarket dan pusat perbelanjaan buka pada 25 Juli?

China menuntut kedaulatan penuh laut Cina Selatan, Sebuah posisi yang tidak diterima oleh Amerika Serikat dan sekutunya. China menentang kehadiran angkatan laut AS di wilayah tersebut. Laut Cina Selatan adalah satu Banyak poin kontroversi yang berkembang Antara Washington dan Beijing, termasuk Situasi di Taiwan, Sebuah pulau yang diklaim China sebagai miliknya.