Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kirim 20 siap untuk pengujian pra-penerbangan di tengah peningkatan di masa mendatang

Setelah debut ikonik dari tumpukan Starship yang terintegrasi penuh selama pemeriksaan fit-to-fit di stand Orbital Launch Site (OLS), Ship 20 dan Booster 4 ditetapkan untuk pengujian sebelum upaya peluncuran orbital kritis mereka. Kapal 20 telah kembali ke lokasi peluncuran, membawa B-pad sub-orbital di depan target uji buktinya, sementara Booster 4 sedang menjalani pekerjaan penutupan akhir di High Bay.

Kampanye pra-peluncuran berlanjut sementara SpaceX membuat langkah pencegahan, dengan modifikasi desain untuk Starships masa depan dan persiapan untuk meningkatkan produksi dengan teluk layang kedua yang jauh lebih besar.

Booster 4 / Kapal 20:

Booster 4 (B4), grup Super Heavy pertama yang terbang, saat ini berada di dalam High Bay untuk pekerjaan yang digambarkan Elon Musk sebagai “beberapa pipa dan kabel kecil.” Booster kembali berproduksi pada 11 Agustus setelah terintegrasi sementara dengan kapal ke-20 di OLS.

Pemandangan menakjubkan dari tumpukan penuh memberikan tonggak utama bagi kendaraan dan lokasi peluncuran. Itu juga membuat pernyataan siaga di tengah kampanye disinformasi tanpa henti oleh Blue Origin di Penghargaan Sistem Pendaratan Manusia (HLS) dari NASA.

Bagian dari klaim Blue Origin Itu termasuk referensi ke Starship yang belum memiliki situs peluncuran, diterbitkan sekitar waktu tumpukan bawaan diletakkan di OLS.

Foto SpaceX dari Kapal 20 yang dikawinkan di Booster 4

Pencapaian Booster 4 datang setelah peluncuran Super Heavy pertama, Booster 3, ke situs peluncuran Suborbital.

Booster 3 (B3) melakukan uji tembak tetap tiga mesin – Pertama kali Super Heavy merilis sekelompok raptor. Meskipun ada kemungkinan bahwa B3 dapat berlanjut Lakukan tes sembilan mesinRencana diubah berdasarkan kesiapan kampanye Booster 4, seperti yang direkomendasikan oleh Musk.

Booster 3 telah memulai proses penghapusan, dengan pekerjaan yang sedang berlangsung pada bantalan Suborbital A.

Namun, peta jalan pengujian potensial ini dapat menunjukkan pencapaian yang diharapkan untuk Booster 4 setelah kembali ke situs peluncuran.

Sambil menunggu penyelesaian pelepasan A-pad dari sisa-sisa B3, B4 dapat menggantikannya di dudukan, memungkinkan pengujian bukti, pengujian pendinginan, dan serangkaian uji kebakaran statis, termasuk hingga sembilan mesin yang menembak secara bersamaan.

Menjalankan kampanye pengujian awal ini di Pad A dapat menyebabkan gangguan minimal pada Pekerjaan sedang berlangsung di Situs Peluncuran Orbital. Namun, kesiapan mount OLS sendiri akan menentukan pendekatan terbaik setelah B4 siap meninggalkan High Bay dan meluncur ke Highway 4 lagi, yang dapat memungkinkan Super Heavy untuk langsung menuju OLM (Orbital Launch Mount).

READ  NPR: Llukalkan Aliocranianus ditemukan di Argentina

Kapal 20 telah kembali ke situs peluncuran sub-orbital dan sekarang sedang mempersiapkan seri uji pra-peluncurannya.

Ini akan mencakup tes awal yang melibatkan pemuatan kendaraan dengan nitrogen, biasanya dalam dua langkah. Pertama, kendaraan awalnya akan diisi dengan gas nitrogen, yang disebut uji lingkungan, sebelum dimuat dengan nitrogen cair ultra-dingin (LN2) untuk uji pendinginan.

Khususnya, dengan senjata dorong dikeluarkan dari B-pad, yang ke-20 hanya akan menjalani uji tekanan, dikurangi uji ram yang mensimulasikan tekanan dari mesin saat pengapian.

Penutupan jalan untuk tingkat pengujian ini telah diposting untuk minggu depan, mulai 24 Agustus.

Jika pesawat ke-20 berhasil melewati tahap pengujian ini, persyaratan standar berikutnya adalah penembakan stasioner kendaraan, seperti yang ditunjukkan pada prototipe Starships sebelumnya.

Namun, ini adalah pesawat ruang angkasa pertama yang akan memiliki bagian penuh mesin, tiga mesin Raptor permukaan laut dan tiga mesin vakum Raptor (RVac). Yang terakhir dapat diluncurkan dengan aman di permukaan laut, seperti yang tercantum pada bantalan uji di fasilitas McGregor SpaceX. Namun, skenario peluncuran RVac yang dipasang di bagian belakang Starship akan menjadi yang pertama, terutama jika tidak diluncurkan satu per satu.

Juga, belum diketahui apakah tes semacam itu akan dilakukan sebelum atau sesudah Sistem Proteksi Termal Kapal 20 (TPS) Hal ini sepenuhnya diinstal.

Saat ini, TPS Kapal 20 hanya dipasang sebagian, dengan banyak ubin dilepas dan banyak tanda lain yang ditandai dengan indikator berwarna – kemungkinan menunjukkan status ubin, yang merupakan kemunduran ke era pesawat ulang-alik. Pada titik tertentu, masalah apa pun yang ditunjukkan oleh tag ini harus diselesaikan bersama dengan mengganti kotak yang telah dihapus.

Kirim 20 TPS – melalui Mary (@bocachicagal) untuk NSF.

Musk sebelumnya menyebutkan bahwa lebih banyak ubin sedang dikirim, yang dapat mengarah ke Kapal 20 saat ini.

Banyak data kinerja akan diperoleh selama uji bukti dan uji kebakaran statis TPS 20-an, paling tidak melalui getaran yang terjadi selama peluncuran mesin.

Meskipun mungkin butuh waktu lama untuk menyelesaikan semua pengujian ini, menurut Elon Musk, jalan untuk mengembalikan B4 dan S20 ke tumpukan penuh bisa dilakukan dalam bulan ini.

READ  Gunung berapi bertindak sebagai katup pengaman untuk iklim jangka panjang Bumi - suhu permukaan yang stabil

Seminggu yang lalu, Musk tweeted bahwa “perakitan orbital pertama pesawat ruang angkasa harus siap untuk terbang dalam beberapa minggu, hanya menunggu persetujuan peraturan.”

Pada akhirnya, setelah kendaraan dalam konfigurasi peluncurannya, akan ada proses panjang untuk melewati persetujuan peraturan tersebut, dengan periode komentar publik lingkungan pra-peluncuran dimulai. Ini harus diselesaikan sebelum izin peluncuran dapat diberikan oleh Federal Aviation Administration (FAA).

Dengan demikian, peluncuran tahun ini — seperti yang baru-baru ini disebutkan oleh Presiden SpaceX dan COO Gwen Shotwell pada pertemuan industri minggu lalu — adalah harapan utama.

OLS:

Situs peluncuran orbital terus menjadi sarang aktivitas, yang fungsinya merupakan komponen kunci yang bergerak maju menuju upaya peluncuran orbital.

Tangki farm GSE (Ground Support Equipment) operasional sangat penting, dan pekerjaan masih harus diselesaikan sebelum propelan dimuat ke kendaraan terintegrasi dan tumpukan super berat.

Lokasi peluncuran Starbase – melalui Mary (@bocachicagal) untuk NSF

Saluran bahan bakar diposisikan di parit dari tangki ke meja peluncuran dan menara integrasi. Sebuah tanggul kemudian akan dibangun di sekitar peternakan tangki untuk memberikan perlindungan ledakan.

Peternakan tangki baru telah melihat beberapa aktivitas selama seminggu terakhir, dengan beberapa ventilasi ringan masuk dari tangki GSE.

Namun, belum di Tank Farm, ada dua tangki GSE Metana dan empat cangkang cryo, bersama dengan menyelesaikan modifikasi GSE 1 dan 2 sebelum dienkapsulasi dengan cangkang cryo – seperti yang juga dipersyaratkan di GSE 6, 7 dan 8.

Pekerjaan juga akan diperlukan untuk menyelesaikan komunikasi ke meja peluncuran dan menara integrasi besar yang sekarang mendominasi cakrawala Boca Chica – serta memasang boom Quick Disconnect (QD) yang diperlukan untuk mengisi bahan bakar pesawat ruang angkasa saat berada di atas Super Penguat berat.

Lengan QD sedang dibangun melalui Mary (bocachicagal) untuk NSF

Pembuatan lengan QD berlanjut di lokasi, bersama dengan lengan keren yang akan mengambil booster dan pesawat ruang angkasa saat mereka kembali ke lokasi peluncuran. Namun, “Mechazilla,” demikian Musk menyebutnya, tidak akan diperlukan untuk Flight Booster 4 dan Ship 20, karena keduanya akan jatuh ke laut pada akhir misi uji mereka.

READ  Para ilmuwan mengatakan bahwa ledakan matahari besar meletus di matahari Sabtu lalu

Setelah bertenaga, Mechazilla juga akan menumpuk kendaraan, menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan mobile crane di lokasi peluncuran.

Pekerjaan berlanjut siang dan malam di landasan peluncuran yang akan menampung tumpukan terintegrasi, dengan dua nozel untuk sistem peredam suara, yang mengalirkan air di bawah knalpot roket untuk melembabkannya. Kekuatan suara dari 29 raptor, sudah ketahuan.

Situs produksi:

Seperti biasa, irama pembuatan SpaceX telah melihat sejumlah pesawat ruang angkasa masa depan dan peningkatan telah disiapkan di lokasi produksi.

Kubah buritan Kapal 21 baru-baru ini ditutup, sementara bagian untuk Booster 5, dan bahkan Booster 6, terlihat di sekitar fasilitas.

Pengembangan Starship saat ini hanya akan mencakup beberapa kendaraan berikutnya, dengan modifikasi yang sudah direncanakan, mungkin pada waktunya untuk 24 kapal.

The “smooth nosecone” terlihat lagi di tenda pembuatan nosecone. Nosecone baru telah meningkatkan kualitas pembuatan dan dibuat dengan bagian individual yang jauh lebih sedikit. Untuk setiap nosecone yang sedang bekerja, tidak diketahui apakah ini hanya penjelajah nosecone atau akan digunakan di Starships masa depan.

Yang diketahui sekarang adalah desain panel depan akan berubah. Mereka akan ditempatkan di depan/di atas kapal dan pada jarak 120 ° dari satu sama lain (sebelumnya 180 °), sudut tertutup yang sesuai dengan sisi ubin. Modifikasi ini dimaksudkan untuk memberikan kontrol yang lebih besar terhadap kapal sekaligus mengecilkan stator lambung fender depan.

Terlepas dari irama produksi yang sudah mengesankan, Musk telah mengkonfirmasi bahwa High Bay baru, sedikit lebih panjang dan lebih lebar, akan segera dibangun, memungkinkan tiga kali lipat kapasitas teluk tinggi saat ini di lokasi produksi.

Peletakan batu pertama telah dimulai di North High Bay saat ini, meskipun jadwal konstruksi saat ini tidak diketahui.


Foto dan video disediakan oleh Marie (bocachicagal) dan Gary Blair. Informasi tambahan dan artikel bantuan disediakan oleh: Adrian BellDan Evan PackerDan Ryan WeberDan Justin DavenportDan ijazah, Dan uang justin.

Untuk pembaruan langsung, ikuti Akun Twitter NASASpaceFlight Dan Bagian Forum Kapal Luar Angkasa NSF.

**Dukung saluran youtube NSF dengan berlangganan dan/atau bergabung di sini**

Dapatkan beberapa peralatan hebat bersama dengan kemampuan untuk mendukung konten kami: https://shop.nasaspaceflight.com/