Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Liz Truss mengundurkan diri setelah enam minggu sebagai Perdana Menteri Inggris

Liz Truss mengundurkan diri setelah enam minggu sebagai Perdana Menteri Inggris

Partai Konservatif, yang memiliki mayoritas besar di Parlemen dan tidak perlu mengadakan pemilihan nasional selama dua tahun lagi, akan memilih pemimpin baru pada 28 Oktober.

Rivalitas ini kemungkinan akan memprovokasi mantan Menteri Keuangan itu Rishi Sunak melawan Benny Mordaunt, tetapi dia juga bisa melihat kembalinya mantan Perdana Menteri Boris Johnson, yang digulingkan pada Juli ketika para menterinya mengundurkan diri secara massal untuk memaksanya mundur.

Dia berbicara di luar pintu kantornya No. 10 di Downing Street, Truss menerima bahwa dia telah kehilangan kepercayaan partainya Dia mengatakan dia akan mundur minggu depan, menjadi perdana menteri wanita terpendek dalam sejarah Inggris.

“Saya telah berbicara dengan Yang Mulia untuk memberi tahu dia bahwa saya mengundurkan diri sebagai ketua Partai Konservatif,” kata Truss, yang hanya didukung oleh suaminya, para pembantunya, dan menteri-menteri setia yang tidak hadir.

Truss menjadi perdana menteri keempat Inggris dalam enam tahun setelah terpilih pada bulan September untuk memimpin Partai Konservatif oleh anggotanya, bukan pemilih, dan dengan dukungan hanya sekitar sepertiga dari anggota parlemen partai.
Dia telah menjanjikan pemotongan pajak yang dibiayai pinjaman, deregulasi, dan perubahan tajam ke kanan dalam masalah budaya dan sosial.

Itu ditetapkan pada 6 September, dan minggu lalu terpaksa memecat menteri keuangan dan sekutu politik terdekatnya, Kwasi Quarting, Dan itu meninggalkan hampir semua program ekonominya setelah rencana mereka untuk pemotongan pajak yang dalam dan tidak didanai menyebabkan runtuhnya pound dan obligasi Inggris. Peringkat persetujuan untuknya dan Partai Konservatif runtuh.

Pada hari Rabu dia kehilangan yang terbesar kedua dari empat menteri Kabinet, menghadapi tawa ketika dia mencoba untuk mempertahankan rekornya di Parlemen dan melihat anggota parlemennya bertengkar secara terbuka atas politik, memperdalam rasa kekacauan di Westminster.

READ  Taliban mengatakan dua ditangkap setelah 3 tamu pernikahan dibunuh karena bermain musik

Menteri Keuangan baru Jeremy Hunt Sekarang berlomba untuk menemukannya Puluhan miliar pound pemotongan pengeluaran Untuk mencoba meyakinkan investor dan membangun kembali reputasi keuangan Inggris.

Saat ekonomi mendekat Resesi Dan inflasi Pada level tertinggi dalam 40 tahun, jutaan warga Inggris menderita krisis biaya hidup.

Hunt, yang telah mengecualikan dirinya dari persaingan kepemimpinan, akan mengajukan anggaran baru pada 31 Oktober.

Race Down Street Berikutnya

Tontonan perdana menteri tidak populer lainnya yang dipecat dari jabatannya menyoroti betapa bergejolaknya politik Inggris sejak pemilihan 2016 untuk meninggalkan Uni Eropa melepaskan pertempuran untuk arah negara.

Perdana Menteri Inggris Liz Truss memasuki Jalan Downing No. 10 setelah mengumumkan pengunduran dirinya, London, Inggris, 20 Oktober 2022 (Reuters/Toby Melville)

Di antara mereka yang diperkirakan akan mencalonkan diri untuk jabatan itu adalah Snack, yang sebagian besar tetap tidak populer di kalangan Partai Konservatif setelah membantu memicu pemberontakan musim panas melawan Johnson.

Penny Mordaunt, mantan menteri pertahanan, juga bisa mencalonkan diri, bersama dengan Suila Braverman, menteri dalam negeri yang mengundurkan diri pada Rabu.

Johnson, yang masih menghadapi penyelidikan apakah dia menyesatkan Parlemen setelah dia dan stafnya mengadakan serangkaian pesta selama itu. COVID-19 Penutupan, juga bisa menjadi filter.

Wajah pemilihan Brexit 2016 telah membayangi politik sejak ia menjadi walikota London pada 2008. Ia memimpin partainya meraih kemenangan telak pada pemilu 2019, tetapi digulingkan dari jabatannya pada Juli oleh rekan-rekannya yang merasa jijik dengan perilakunya.

“Saya harap Anda menikmati liburan bos Anda. Saatnya kembali,” kata salah satu anggota parlemen Tory, James Dodridge, di Twitter. “Beberapa masalah di kantor yang perlu ditangani. #bringbackboris.”

Anggota partai dan anggota parlemen Tory diharapkan memiliki suara dalam pemungutan suara. Sebuah jajak pendapat awal pekan ini menunjukkan bahwa sebagian besar anggota menginginkan Johnson kembali, tetapi taruhan membuat Sunak menjadi favorit, di depan Mordaunt dan Menteri Pertahanan Ben Wallace dan Johnson.

READ  UEA dapat melanjutkan layanan penerbangan reguler dengan India segera

Ratu Inggris Elizabeth II, kiri, menyambut Blaise Truss selama pertemuan di Balmoral, Skotlandia, di mana ia mengundang pemimpin Partai Konservatif yang baru terpilih untuk menjadi perdana menteri dan membentuk pemerintahan baru, Selasa, 6 September 2022. (Jane Barlow/ Foto Kolam Renang melalui AP, File)

Adapun Truss, dia akan memasuki buku sejarah sebagai Perdana Menteri dengan masa jabatan terpendek, menggantikan George Canning, yang memegang posisi selama 119 hari ketika dia meninggal pada tahun 1827.

Runtuhnya Truss yang cepat, dalam gelombang kerusuhan terbaru yang melanda Westminster, telah mendorong banyak anggota parlemen Konservatif menjadi putus asa publik atas keadaan partai politik paling sukses di Inggris.

Ketika ditanya apakah mereka dapat pulih dari ini, seorang anggota parlemen menjawab: “Tidak akan pernah dalam sejuta tahun itu terjadi.” Oposisi Partai Buruh – dan banyak pemilih – mengadakan pemilihan umum.

“Mereka tidak dipilih dan tentu saja keputusan kebijakan yang saya buat, tidak ada orang Inggris yang memintanya,” Kelly Rodgers, 50, mengatakan kepada Reuters di luar Downing Street. “Jadi (ini) benar dan pantas kamu harus pergi.”

“Tapi sama, dia hanya simbol pestanya—ini benar-benar berantakan.”