Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Mobil diledakkan dalam ledakan di dekat gedung pemerintah di Donetsk, kata laporan media Rusia

Krisis Ukraina Rusia Langsung: Pihak berwenang separatis yang didukung Rusia di Ukraina timur mengatakan pada hari Jumat bahwa sebuah mobil telah diledakkan di dekat gedung pemerintah mereka di pusat kota Donetsk, kantor berita TASS melaporkan. Kantor berita Rusia Interfax melaporkan bahwa tidak ada yang terluka dalam insiden itu. Kantor berita Rusia RIA melaporkan bahwa telah terjadi ledakan besar.

AS sekarang memperkirakan bahwa Rusia mungkin telah mengumpulkan antara 169.000 dan 190.000 personel di dan dekat Ukraina, naik dari sekitar 100.000 pada 30 Januari, kata Michael Carpenter, perwakilan tetap AS untuk Organisasi Keamanan dan Kerjasama di Eropa. Rusia telah mengumumkan latihan baru yang melibatkan ‘kekuatan strategis’, dengan Moskow mengatakan bahwa Putin akan mengawasi operasi tersebut. Jumlah tentara Rusia di sekitar Ukraina telah mencapai 149.000, kata Kyiv pada hari Jumat. The Guardian melaporkan bahwa latihan Rusia akan “melibatkan pasukan dan perangkat keras milik Pasukan Dirgantara, Distrik Militer Selatan, Pasukan Rudal Strategis, Armada Utara, dan Armada Laut Hitam”, kata kementerian itu.

Sementara itu, penembakan di Ukraina Kamis diperbarui Ketakutan Barat akan invasi Rusia yang akan segera terjadi Seperti yang dikatakan Presiden AS Joe Biden, Moskow sedang mempersiapkan dalih untuk membenarkan kemungkinan serangan dan Kremlin mengusir seorang diplomat Amerika. Rusia mengusir Wakil Kepala Misi AS Bart Gorman tetapi seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri mengatakan dia pergi minggu lalu. Moskow mengutip pengusiran seorang pejabat senior AS di Washington, yang katanya terpaksa pergi sebelum penggantinya dapat ditemukan sebagai bagian dari “perang visa” AS. Washington mengatakan akan menanggapi langkah “tidak beralasan”. Baku tembak dini hari antara pasukan Kyiv dan separatis pro-Rusia – yang telah berperang selama bertahun-tahun dan di mana gencatan senjata dilanggar secara berkala – menimbulkan kekhawatiran karena negara-negara Barat mengatakan serangan bisa datang kapan saja.

READ  Bisakah Joe Biden dan Kamala Harris dimakzulkan jika Partai Republik memenangkan pemilihan paruh waktu? | berita Dunia