Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pawai Azadi dari Imran Khan: penyebaran tentara dan Islamabad berubah menjadi medan perang | berita Dunia

Pemerintah Shahbaz Sharif memanggil tentara pada dini hari Kamis pagi untuk melindungi zona merah di Islamabad, di mana mantan perdana menteri dan kepala gerakan itu, Imran Khan, memasuki ibu kota dengan pawai Azadi. Pemerintah mengatakan tentara telah dikerahkan untuk melindungi gedung-gedung penting seperti Mahkamah Agung, Gedung Parlemen, Kediaman Perdana Menteri, Kepresidenan, Sekretariat Jenderal Pakistan dan wilayah diplomatik. Baca juga: Muhammad Hafeez dari Pakistan: “Tidak ada bensin di stasiun mana pun, tidak ada uang di ATM”

Berikut adalah 10 pembaruan krisis Islamabad teratas:

1. Islamabad telah berubah menjadi medan pertempuran dengan pengeboman berat oleh polisi dan laporan vandalisme terhadap para pekerja gerakan tersebut. Imran Khan tiba di D Chowk di Islamabad pada Kamis pagi.

2. Sesaat sebelum Imran Khan memasuki Islamabad, muncul laporan tentang penembakan gas air mata yang terus berlanjut di Zona Biru.

3. Geo News Pakistan melaporkan bahwa kantornya diserang oleh pekerja PTI yang mengakibatkan beberapa pekerja media terluka. Dia menambahkan bahwa tidak ada personel polisi di luar gedung karena alasan keamanan.

4. Mahkamah Agung Pakistan pada hari Rabu mengizinkan partai Imran Khan untuk mengadakan rapat umum Azadi di dekat Peshawar Moor antara distrik H-9 dan G-9 di Islamabad, dan melarang pemerintah menangkap pekerja PTI.

5. Namun, bentrokan meletus antara pekerja partai dan polisi di beberapa tempat – di Punjab, Lahore dan Karachi – sebelum rapat umum memasuki Islamabad.

6. Partai Gerakan Disiplin Imran Khan mengklaim bahwa polisi menembaki orang-orang yang berkumpul di daerah Liberty Chowk di Lahore untuk mendukung pawai Imran Khan.

7. Di Attock di Punjab, pengunjuk rasa membawa derek untuk memindahkan kontainer yang telah ditempatkan di jalan mereka untuk menghalangi pawai.

READ  Konservatif Angela Merkel kalah tipis dari saingan Sosial Demokrat (SPD) mereka

8. Pemimpin gerakan itu, Yasmin Rushoud, mengatakan polisi memecahkan kaca depan mobilnya dalam perjalanan ke Islamabad. Pekerja PTI membakar pohon di Zona Biru di Islamabad.

9. Imran Khan pada hari Rabu memperingatkan para pendukungnya untuk tidak mengosongkan D-chok sampai pemilihan baru diumumkan oleh pemerintah Shahbaz Sharif.

10. Imran Khan membantah, pada hari Rabu, rumor kesepakatan dengan pemerintah. “Tentu saja tidak! Kami sedang menuju Islamabad dan tidak ada kesepakatan yang dipersengketakan. Kami akan tinggal di Islamabad sampai tanggal pembubaran dewan dan pemilihan diumumkan. Dia meminta semua orang Islamabad dan Bundy untuk bergabung,” katanya. tulis di Twitter.