Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pembunuhan seorang pemimpin senior milisi yang didukung Iran terkait dengan pembunuhan pasukan AS di Bagdad |  berita Dunia

Pembunuhan seorang pemimpin senior milisi yang didukung Iran terkait dengan pembunuhan pasukan AS di Bagdad | berita Dunia

Komandan senior Abu Baqir al-Saadi dari Kataib Hizbullah, sebuah kelompok militan yang didukung Iran di Irak yang dikaitkan Pentagon dengan serangan yang menewaskan tiga tentara Amerika, tewas dalam serangan pesawat tak berawak terhadap sebuah kendaraan di Baghdad timur pada Rabu malam, dua sumber keamanan dikatakan. Dia berkata.

Orang-orang memeriksa mobil setelah apa yang dikatakan sumber keamanan sebagai serangan pesawat tak berawak yang mematikan di Bagdad, Irak (Reuters)

Sebuah sumber mengatakan tiga orang tewas dan kendaraan yang menjadi sasaran digunakan oleh Pasukan Mobilisasi Populer Irak, sebuah badan keamanan pemerintah yang terdiri dari puluhan kelompok bersenjata, banyak di antaranya dekat dengan Iran.

Temukan keseruan kriket yang belum pernah ada sebelumnya, eksklusif di HT. Temukan sekarang!

Pejuang dan komandan Kataib Hizbullah adalah bagian dari Pasukan Mobilisasi Populer. Tiga tentara Amerika tewas pada bulan Januari dalam serangan pesawat tak berawak di dekat perbatasan Yordania-Suriah yang menurut Pentagon memiliki “ciri khas” Kataib Hizbullah. Kelompok ini kemudian mengumumkan penghentian operasi militer terhadap pasukan Amerika di wilayah tersebut.

Irak dan Suriah hampir setiap hari menyaksikan serangan antara kelompok bersenjata ekstremis yang didukung oleh Iran dan pasukan Amerika yang ditempatkan di wilayah tersebut sejak dimulainya perang Gaza pada bulan Oktober.

Para pejabat AS tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai serangan hari Rabu itu.

Amerika Serikat menyerang kelompok Irak yang didukung Iran di Irak dan Suriah akhir pekan lalu dalam apa yang disebutnya hanyalah awal dari tanggapannya terhadap terbunuhnya tiga tentara Amerika dalam serangan pesawat tak berawak.

Pada bulan Januari, serangan pesawat tak berawak AS menewaskan seorang komandan senior sebuah faksi bersenjata di pusat kota Baghdad, sebuah serangan yang menurut Washington terjadi sebagai respons terhadap serangan pesawat tak berawak dan rudal terhadap pasukannya.

READ  Jutaan orang pergi ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji besar-besaran di tengah panasnya kosmopolitan Saudi

Sebuah sumber keamanan mengatakan bahwa pada hari Rabu, pasukan khusus Irak disiagakan tinggi di Bagdad, dan unit lain dikerahkan di dalam Zona Hijau, yang mencakup misi diplomatik internasional, termasuk kedutaan besar Amerika.

Buka dunia manfaat dengan HT! Dari buletin yang bermanfaat hingga peringatan berita real-time dan feed berita yang dipersonalisasi – semuanya ada di sini, hanya dengan sekali klik! – Masuk sekarang! Dapatkan berita dunia terkini serta berita terkini dari India di Hindustan Times.