Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Penjelasan: Apa yang menyebabkan “hujan tikus” di Australia timur?

Pemerintah New South Wales (NSW) di Australia memberikan paket dukungan $ 50 juta bagi para petani untuk menangani wabah tikus yang menghancurkan yang mempengaruhi petani, anggota masyarakat, dan penduduk. Untuk mengendalikan wabah, pemerintah sekarang mengizinkan penggunaan racun terlarang yang disebut bromadiolon.

Para petani di New South Wales menyebut wabah itu sebagai “krisis ekonomi dan kesehatan masyarakat” dan pada awalnya meminta pemerintah untuk membayar 50 persen dari biaya cangkok.

berita | Klik untuk anotasi terbaik hari ini di kotak masuk Anda

Kapan wabah dimulai?

Wabah saat ini disebut sebagai salah satu epidemi terburuk dalam beberapa dekade, dan mulai dilaporkan sekitar pertengahan Maret di negara bagian timur Australia. Live Science melaporkan pada bulan Maret bahwa sebagai akibat dari “tikus yang gelisah”, beberapa petani kehilangan seluruh hasil panen biji-bijian mereka “sementara hotel harus tutup karena mereka tidak dapat mengusir makhluk itu dari kamar.”

Di beberapa tempat, penduduk daerah yang terkena dampak telah melaporkan tikus berjatuhan dari atap, menyebabkan “hujan tikus”. Live Science juga melaporkan bahwa Steve Henry, seorang peneliti dari Badan Ilmu Pengetahuan Nasional Australia bernama CSIRO, mengaitkan wabah tersebut dengan panen biji-bijian yang luar biasa, yang menyebabkan tikus berlebih di awal musim.

Ditambah fakta bahwa tikus memiliki siklus perkembangbiakan yang pendek (sepasang tikus yang berkembang biak dapat melahirkan anak baru setiap 21 hari atau lebih) dan tidak terlalu pilih-pilih tentang makanan. Departemen Kesehatan Australia menyatakan bahwa hewan pengerat (termasuk tikus dan tikus) adalah mamalia paling sukses kedua di planet ini setelah manusia.

Bagaimana wabah sebesar ini mempengaruhi orang?

Menurut Departemen Kesehatan Victoria, terdapat 2.200 spesies hewan pengerat dan Australia memiliki lebih dari 60 spesies hewan pengerat asli dan tiga spesies hama telah diperkenalkan.

READ  Tujuh perusahaan AS mencabut gugatan H-1B terhadap Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi Federal AS

Hewan pengerat mampu menghancurkan biji-bijian makanan dan dapat menyebabkan kerusakan luas pada rumah tangga, bisnis, peternakan, pabrik, dan ternak. Selain itu, hewan pengerat tidak hanya dapat menggerogoti material, tetapi juga dapat merusak persediaan dengan mengeluarkannya. Hewan pengerat juga dapat menyebabkan penyakit seperti leptospirosis dan demam tifus. Mereka juga dapat membawa kutu atau kutu yang dapat membahayakan hewan peliharaan dan manusia.

Tikus dan tikus dapat bertahan hidup di dinding dan langit-langit, di bawah lemari atau bak mandi, di tumpukan sampah, tumpukan kayu dan tanaman yang tebal, dan di lubang di bawah bangunan. The Guardian melaporkan bahwa tikus masuk ke rumah sakit pedesaan, menggigit pasien. Distrik kesehatan lokal di New South Wales juga melaporkan peningkatan penyakit terkait tikus.

Bagaimana epidemi dikendalikan?

Penelitian oleh Grain Research and Development Corporation (GRDC), yang dipimpin oleh CSIRO, mengatakan peningkatan seng fosfida dalam umpan tikus akan membantu petani melawan jumlah tikus yang lebih tinggi dari rata-rata di Australia timur. Sebagai hasil dari penelitian ini, pihak berwenang mengizinkan produsen untuk menggandakan tingkat toksisitas dalam umpan tikus.