Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Polisi sedang menyelidiki tagihan sarapan Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin

Sebagai Perdana Menteri, saya tidak meminta keuntungan ini atau berpartisipasi dalam memutuskannya: Sana Marin

Helsinki:

Polisi Finlandia mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka akan menyelidiki apakah sarapan perdana menteri disubsidi secara ilegal menggunakan uang pembayar pajak.

Perdana Menteri Sana Marin menemukan dirinya dalam kesulitan pada hari Selasa ketika surat kabar Talti melaporkan bahwa dia menuntut pengembalian dana sekitar 300 euro ($ 365) sebulan untuk sarapan keluarganya saat tinggal di kediaman resminya, Kesaranta.

Sementara tokoh oposisi menuduh perdana menteri meninggalkan telur di wajahnya, perdana menteri berusia 35 tahun itu bersikeras bahwa keuntungan juga diberikan kepada pendahulunya.

“Sebagai perdana menteri, saya belum meminta fitur ini, saya juga belum berpartisipasi dalam pengambilan keputusan tentangnya,” kata Marin di Twitter.

Pakar hukum yang dikonsultasikan oleh media kemudian menyarankan bahwa menggunakan uang pembayar pajak untuk membayar makan pagi perdana menteri sebenarnya dapat bertentangan dengan undang-undang Finlandia.

Pada hari Jumat, polisi mengumumkan penyelidikan pra-persidangan atas kemungkinan kejahatan yang terkait dengan kantor publik, setelah menerima permintaan untuk menyelidiki kasus tersebut.

“Perdana menteri telah diberi kompensasi untuk beberapa makanan, meskipun rancangan Undang-Undang Remunerasi Menteri tampaknya tidak mengizinkan hal ini,” kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Detektif Inspektur Timo Gokkinen mengatakan dalam pernyataannya bahwa penyelidikan akan fokus pada keputusan pejabat di dalam kantor perdana menteri, dan tidak ada hubungannya dengan perdana menteri atau kegiatan resminya.

Marin mengatakan di Twitter pada hari Jumat bahwa dia menyambut baik penyelidikan tersebut dan akan berhenti mengklaim keuntungan saat sedang dipertimbangkan.

Politisi Sosial Demokrat telah menikmati dukungan publik yang relatif tinggi sejak berkuasa pada Desember 2019, dan koalisi kiri-tengahnya dikreditkan dengan membantu Finlandia mempertahankan tingkat infeksi virus korona terendah di Eropa.

READ  Mahmoud Ahmadinejad mendaftar untuk kursi kepresidenan lagi | Berita Pemilu

Namun, ketika negara Skandinavia itu bersiap untuk pemilihan lokal pada 13 Juni, partainya tertinggal dalam jajak pendapat oposisi, sementara Partai Finlandia sayap kanan diperkirakan akan membuat rekor perolehan.

(Kecuali untuk judulnya, cerita ini tidak diedit oleh kru NDTV dan diterbitkan dari umpan bersama.)