Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Putin mengatakan bahwa Ukraina menjual senjata ke Imarah Islam

Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim Taliban membeli senjata Barat yang dikirim ke Ukraina.

TASS melaporkan bahwa Vladimir Putin mengatakan dalam pertemuan dengan anggota baru Kamar Umum Rusia bahwa senjata-senjata ini dikirim ke tempat lain melalui Imarah Islam.

“Mereka sekarang mengatakan bahwa senjata dari Ukraina muncul di Timur Tengah. Tentu saja karena mereka menjualnya,” katanya, seraya menambahkan bahwa Ukraina juga menjual senjata kepada Taliban (dilarang di Rusia). Dan dari sana, [the weapons] “Sebarkan ke mana saja,” kata Putin.

Namun Zabihullah Mujahid, juru bicara Imarah Islam, menolak klaim presiden Rusia tersebut.

“Kami menolak klaim ini, itu tidak benar. Senjata tidak dibawa ke Afghanistan dan tidak dikirim dari Afghanistan ke negara lain. Mujahid menambahkan, senjata dan peralatan yang ditinggalkan untuk Imarah Islam setelah kemenangan semuanya utuh.

Namun, beberapa ahli berpendapat bahwa harus ada penyelidikan atas tuduhan Presiden Rusia tersebut.

“Masalah ini memerlukan penyelidikan lebih lanjut, dan ketika kami memiliki dokumen, kami dapat memberikan komentar mengenai masalah ini. Namun jelas bahwa senjata Barat di Ukraina banyak dijual ke pembeli yang berbeda.

Dia menambahkan: “Ukraina tidak memiliki perbatasan dan tidak memiliki hubungan baik dengan Afghanistan. Oleh karena itu, ketika hal seperti ini terjadi, satu-satunya jalan yang mungkin adalah dari Rusia melalui negara-negara Asia Tengah dan kemudian ke Afghanistan.”

READ  Krisis Ukraina Berita Langsung, Rusia- Ukraina Hari Ini Berita, Rusia Berita Perang Ukraina, Berita Perang Dunia 3, Rusia Berita Ukraina