Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Rusia mengonfirmasi bahwa pimpinan Wagner Yevgeny Prigozhin berada di dalam pesawat naas tersebut

Rusia mengonfirmasi bahwa pimpinan Wagner Yevgeny Prigozhin berada di dalam pesawat naas tersebut

Pada hari Kamis, Rusia mengonfirmasi bahwa pimpinan Wagner, Yevgeny Prigozhin, berada di dalam pesawat naas tersebut.

Layanan darurat Rusia telah melaporkan bahwa 10 jenazah di dalam Embraer Legacy kini telah ditemukan. Di antara mereka yang berada di dalamnya adalah ketua Wagner, Yevgeny Prigozhin, dan wakilnya, Dmitry Utkin.

Polisi kini telah menutup area di sekitar lokasi kecelakaan dan otoritas penerbangan Rusia telah membentuk komisi khusus untuk menyelidiki masalah tersebut. Investigasi sedang dilakukan untuk mengetahui penyebab kecelakaan tersebut.

Bagaimana pesawat itu jatuh?

Sebuah pesawat yang membawa tiga awak dan tujuh penumpang dalam perjalanan dari Moskow ke St Petersburg jatuh sekitar 300 kilometer (185 mil) utara ibu kota, kata para pejabat, menurut kantor berita Rusia Tass.

BBC melaporkan bahwa jet eksekutif tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda masalah hingga pesawat tersebut terjatuh secara tiba-tiba dalam 30 detik terakhir dari ketinggian yang diterimanya, menurut data pelacakan penerbangan.

Ian Pechenick, yang bekerja untuk Flightradar24, mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa Embraer Legacy 600 melakukan “penerjunan vertikal” pada 15:19 GMT.

Kemudian, dalam waktu sekitar 30 detik, pesawat turun lebih dari 8.000 kaki dari ketinggian jelajah 28.000 kaki.

“Semua terjadi, terjadi dengan cepat,” kata Pechenik, sebelum menambahkan sebelum mendarat bahwa tidak ada indikasi ada yang salah dengan pesawat tersebut.

Insiden tersebut langsung menimbulkan kecurigaan karena nasib pendiri perusahaan militer swasta Wagner telah menjadi bahan spekulasi yang intens sejak ia melancarkan pemberontakan.

Saat itu, Presiden Vladimir Putin mengecam pemberontakan tersebut sebagai “pengkhianatan” dan “tikaman dari belakang” dan bersumpah akan membalas dendam. Namun tuduhan terhadap Prigozhin segera dibatalkan. Pemimpin Wagner, yang pasukannya termasuk yang terbaik dalam memerangi Rusia di Ukraina, diizinkan mundur ke Belarus, sementara dia dilaporkan muncul di Rusia dari waktu ke waktu.

READ  Kedelapan orang yang terjebak di kereta gantung Pakistan berhasil diselamatkan di udara

(dengan masukan agensi)

Dapatkan semua berita bisnis, berita pasar, berita terkini, dan pembaruan berita terkini di Live Mint. Unduh aplikasi Mint News untuk mendapatkan pembaruan pasar harian.

Lebih banyak berarti lebih sedikit

Diperbarui: 24 Agustus 2023, pukul 10:27 IST