Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Sebuah kapsul kecil “sangat radioaktif” yang hilang di gurun Australia menimbulkan kekhawatiran

Sebuah kapsul kecil “sangat radioaktif” yang hilang di gurun Australia menimbulkan kekhawatiran

Potongan itu adalah komponen timbangan yang digunakan untuk mengukur massa jenis bijih besi.

Grup Rio Tinto telah kehilangan kapsul “sangat radioaktif” di suatu tempat di sepanjang jalan raya sepanjang 1.400 kilometer (870 mil) melalui gurun Australia Barat.

“Kami menangani insiden ini dengan sangat serius,” kata Simon Trott, presiden Rio Tinto Iron Ore, dalam sebuah pernyataan hari Minggu. “Kami menyadari ini sangat meresahkan dan kami menyesali kekhawatiran yang ditimbulkannya pada komunitas Australia Barat.”

Raksasa pertambangan itu dan pemerintah Australia Barat sedang berusaha menemukan potongan itu, yang panjangnya 8 milimeter (0,3 inci) dan mengandung sejumlah kecil isotop radioaktif cesium-137. Sementara risiko bagi masyarakat umum rendah, paparan terhadap bahan dapat menyebabkan luka bakar radiasi atau penyakit radiasi, kata WA Emergency di situs webnya.

Potongan itu adalah komponen timbangan yang digunakan untuk mengukur massa jenis bijih besi. Rio mengatakan kapsul radioaktif dikumpulkan dari tambang pada 12 Januari oleh kontraktor transportasi dan akan tiba di fasilitas penyimpanan radiasi di Perth pada 16 Januari. Itu hanya ditemukan hilang ketika wadahnya dibuka untuk diperiksa. Pada tanggal 25 Januari.

Itu Pemerintah Australia Barat mengatakan bahwa ketika kemasan yang membawa instrumen diperiksa, ditemukan “rusak dengan salah satu dari empat sekrup pengencang hilang dan sumbernya sendiri serta semua sekrup di pengukur hilang.”

Itu terjadi ketika Rio Tinto, yang terdaftar di Sydney dan London, sedang mencoba untuk membangun kembali reputasinya setelah situs yang sangat penting bagi penduduk asli Australia dihancurkan pada tahun 2020 sebagai bagian dari perluasan tambang bijih besi.

(Kecuali untuk tajuk utama, cerita ini tidak diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari umpan sindikasi.)

READ  Palestina mengatakan Piala Dunia FIFA membuktikan tujuan mereka tidak "terkubur" - dunia

Video unggulan hari ini

Tim putri U-19 India memenangkan Piala Dunia T20