Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Seorang jenderal senior AS memperkirakan bahwa Afghanistan kemungkinan akan menyaksikan perang saudara. Jelaskan mengapa | berita Dunia

Jenderal AS Mark Milley mempertanyakan apakah Taliban dapat mengkonsolidasikan kekuatan mereka saat transisi dari kekuatan gerilya ke pemerintahan.

Karena Taliban masih berjuang dengan front perlawanan untuk Panjshir dan pengumuman pembentukan pemerintah telah ditunda, Jenderal AS Mark Milley percaya bahwa ada kemungkinan yang sangat baik dari perang saudara yang lebih luas, yang akan mengarah pada pemulihan kembali. pasukan pemerintah. “Al Qaeda atau pertumbuhan ISIS,” kata Milley kepada Fox News.

Kecepatan Taliban mengalahkan tentara Afghanistan dan merebut distrik demi distrik, terhenti untuk pertama kalinya di Lembah Panjshir, di mana pasukan anti-Taliban dipimpin oleh Ahmed Masoud dan mantan Wakil Presiden Afghanistan Amrullah Saleh. Saat pertempuran untuk Panjshir berlanjut, muncul laporan tentang perebutan kekuasaan antara Taliban dan Haqqani, yang menunjukkan bahwa kebangkitan Taliban ke tampuk kekuasaan tidak akan semulus yang diyakini sebagai saksi kemajuan ajaib di Afghanistan.

Baca juga | ‘Gambar merusak istri dan anak perempuan saya’: Amrullah Saleh menceritakan bagaimana dia meninggalkan Kabul

Laporan mengatakan sekitar 600 Taliban tewas di Panjshir sementara lebih dari 1.000 Taliban ditangkap. Ini terjadi setelah Taliban mengumumkan kemenangan mereka atas Panjshir di tengah laporan pertumpahan darah besar-besaran di lembah itu. Al-Jazeera mengutip sumber Taliban yang mengatakan bahwa pertempuran berlanjut di Panjshir, tetapi kemajuan telah diperlambat oleh ranjau darat yang ditempatkan di jalan menuju ibu kota, Bazark, dan kompleks gubernur provinsi.

“Saya pikir setidaknya ada kemungkinan yang sangat baik dari perang saudara yang lebih luas,” kata Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, dalam penilaiannya.

Para pemimpin Panjshir telah menjangkau badan-badan internasional untuk menyoroti krisis kemanusiaan yang diciptakan oleh Taliban.

Mark Milley juga mengomentari keluarnya AS dan kejatuhan tak terduga tentara Afghanistan dan mengatakan bahwa keruntuhan tentara Afghanistan terjadi jauh lebih cepat daripada yang diperkirakan siapa pun.

READ  Kartu merah AS untuk China atas penindasan Xinjiang, Tibet, dan Hong Kong | berita Dunia

“Runtuhnya tentara Afghanistan terjadi pada kecepatan yang jauh lebih cepat,” tambahnya [was] Sangat tidak terduga oleh semua orang, kemudian dengan runtuhnya pemerintah Afghanistan, Jenderal Mark Milley mengatakan kepada Fox dalam sebuah wawancara.

(dengan masukan agensi)

Di dekat