Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Penjelasan: Akankah Rishi Sunak menjadi Perdana Menteri India pertama di Inggris?

mantan penasihat Rishi Sunak Dan Menteri Luar Negeri Liz Truss adalah dua kandidat terakhir dalam perlombaan untuk menggantikan Boris Johnson sebagai pemimpin Partai Konservatif dan perdana menteri Inggris berikutnya. Memimpin setiap pemungutan suara sejauh ini, Sunak mempertahankan popularitasnya di antara anggota parlemen Tory dan memimpin putaran kelima dan terakhir dari kontes kepemimpinan dengan 137 suara, sementara Truss berada di urutan kedua dengan 113 suara pada 20 Juli.

Sunak, yang keluar dari pemerintahan pada 5 Juli menandai awal dari akhir pemerintahan Boris Johnson, mengatakan bahwa dia adalah “satu-satunya kandidat” yang dapat mengalahkan Partai Buruh dalam pemilihan umum berikutnya, dan bahwa kebijakan ekonomi yang dia tunjukkan sebagai menteri keuangan “membantu membuat negara ini melalui masa yang sulit.” sangat banyak selama dua tahun terakhir.

Sementara Sunak muncul sebagai pemenang dalam pemungutan suara kepemimpinan di antara anggota parlemen Tory, ia menghadapi tantangan berat dalam mengamankan dukungan para pemimpin Tory yang selama bulan depan akan memilih perdana menteri masa depan, dan sejauh ini tampaknya mendukung saingannya, Liz Truss. .

Siapa Rishi Sunak?

Anggota parlemen Konservatif berusia 42 tahun ini lahir di Southampton, Inggris, dari orang tua keturunan India. Ayahnya adalah seorang dokter umum untuk National Health Services (NHS) dan ibunya menjalankan apotek lokal. Kakek-neneknya lahir di Punjab dan berimigrasi ke Afrika Timur, sebelum pindah ke Inggris pada 1960-an di mana mereka dikatakan telah bekerja dalam pekerjaan manajerial.

Dia menghadiri sekolah swasta elit Winchester College, setelah itu dia kuliah di Universitas Oxford dan Universitas Stanford, di mana dia memperoleh gelar MBA dan dianugerahi Beasiswa Fulbright yang bergengsi.

Resumenya yang mengesankan termasuk bekerja sebagai bankir investasi untuk Goldman Sachs dan beberapa hedge fund. Pada tahun 2009 Sunak menikah dengan Akshata Murti, pewaris Narayan Murthy, miliarder pemilik Infosys.

READ  Minyak Rusia: Setelah Lanka, Bangladesh Mengincar Minyak Rusia yang Lebih Murah, Meminta Saran India untuk Menghindari Pembatasan

Karir politik Rishi Sunak

Karier politik Sunak dimulai pada 2015 ketika ia terpilih sebagai anggota parlemen Konservatif untuk Richmond, Yorkshire. Dia adalah pendukung awal Brexit, dan karirnya menanjak ketika dia menjadi menteri junior di pemerintahan mantan Perdana Menteri Inggris Theresa May. Sunak, yang mendukung pemilihan kepemimpinan Partai Konservatif Boris Johnson pada 2019, dianugerahi posisi sekretaris pertama untuk Departemen Keuangan tahun itu. Setelah perombakan kabinet pada Februari 2020, Sunak dipromosikan ke posisi Menteri Keuangan, posisi yang menempati urutan ketiga dalam peringkat kabinet, hanya menggantikan Wakil Perdana Menteri dan Perdana Menteri.

Sebagai kanselir yang baru terpilih, dia menghadapi tantangan sulit memimpin ekonomi ketika dia Virus corona Epidemi telah menyebar ke seluruh dunia dan penguncian telah diberlakukan di Inggris. Setelah berjanji untuk “melakukan apa pun yang diperlukan” untuk membantu warga Inggris, ia meluncurkan paket penyelamatan keuangan £350 miliar yang menyebabkan peningkatan besar-besaran dalam peringkat jajak pendapat pribadinya, menurut BBC. Dia dipuji karena skema ini dan program retensi pekerjaannya yang mahal, yang menurut Reuters, mencegah pengangguran massal.

Kritik terhadap kebijakan Rishi Sunak

Sementara Sunak mampu dengan cepat naik melalui Partai Konservatif hanya dalam beberapa tahun, ia menghadapi kritik keras dari oposisi dan publik selama perannya sebagai kanselir.

Sunak dilaporkan telah dikritik karena tidak memberikan dukungan keuangan yang memadai kepada keluarga selama COVID-19 Menutup. Reuters melaporkan bahwa anggarannya untuk pajak dan pengeluaran pada tahun 2021, di mana pemerintah akan mengenakan pajak yang tinggi kepada publik untuk dibelanjakan nanti pada publik, juga membuat Inggris berada di jalur untuk memikul beban pajak terbesarnya dalam hampir 70 tahun, melemahkan klaim dukungannya. pajak yang lebih rendah.

READ  Dengan bantuan Pak, "pemimpin ringan" dapat dipilih sebagai PM Afghanistan: Sumber

Selama masa jabatannya sebagai konsultan, Inggris juga mengalami tingkat tertinggi inflasi Dalam 40 tahun, harga konsumen naik 9 persen pada bulan April tahun ini, dengan peringatan dari Bank of Inggris Ini akan meningkat 11 persen lagi. Akibatnya, berbagai serikat pekerja di Inggris mulai mogok untuk menaikkan gaji. Bulan lalu, Inggris menghadapi pemogokan kereta api terbesar dalam 30 tahun, ketika lebih dari 40.000 pekerja kereta api mengambil bagian dalam pemogokan massal, dan kelompok lain juga mengancam aksi industri.

foto di Rishi Sunak

“Anak emas” politik Inggris juga menderita skandal pribadi, ketika kontroversi pecah atas urusan keuangan istrinya Akshata Murti. Ditemukan pada bulan April bahwa dia tidak memiliki status kependudukan di Inggris dan karena itu tidak membayar pajak Inggris atas penghasilannya di luar negeri. Meskipun ilegal, Partai Buruh mengatakan itu “kemunafikan yang luar biasa” bahwa istri kanselir diberi pengurangan tagihan pajak, sementara Sunak menaikkan pajak untuk jutaan pekerja, BBC melaporkan.
Setelah kontroversi, Morty mengumumkan bahwa dia akan mulai membayar pajak Inggris. Laporan menunjukkan bahwa dia menghemat hampir £ 20 juta pajak atas dividen dari saham yang dia pegang di Infosys.

Citranya juga terpengaruh oleh “skandal pesta”, ketika laporan media dan penyelidikan pemerintah mengungkapkan bahwa pejabat pemerintah, termasuk Johnson dan Sunak, melanggar aturan penguncian ketat Inggris dan menghadiri pesta. Keduanya didenda oleh Polisi Metropolitan karena menghadiri pesta ulang tahun Johnson pada Juni 2020.

Apa berikutnya?

Sunak dan Truss sekarang akan memulai babak terakhir perlombaan mereka dengan mempersiapkan protes selama berminggu-minggu di seluruh negeri, di mana mereka akan mencoba membujuk anggota Partai Konservatif akar rumput untuk memilih mereka. Tuduhan adalah pertemuan di mana kandidat mendiskusikan kebijakan dan menjawab pertanyaan dari audiens. The Guardian melaporkan bahwa akan ada total 12 penipuan, dengan yang pertama terjadi di Leeds pada 28 Juli.

READ  Charlotte Johnson, ibu dari Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, meninggal pada usia 79 tahun

160.000 anggota partai akan memilih kandidat pilihan mereka pada 2 September, baik melalui pemungutan suara online atau surat, dan BBC melaporkan bahwa mereka diharapkan menerima surat suara pada 1 Agustus.

Sementara Sunak terus mempertahankan popularitasnya di antara anggota parlemen Tory, Truss sejauh ini disukai oleh pangkat dan anggota partai, dan para pemilih yang pada akhirnya akan memutuskan siapa yang akan menjadi perdana menteri masa depan. Dalam jajak pendapat YouGov terhadap 730 anggota Partai Konservatif dari 21 Juli, ia menempatkan Truss tepat di depan Sunak, dengan perbandingan 62% berbanding 38%.

Hasil akhir akan diumumkan pada 5 September.