Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Starship Super Heavy meledak beberapa saat setelah lepas landas

Starship Super Heavy meledak beberapa saat setelah lepas landas

New Delhi,Diperbarui: 20 April 2023 pukul 19:59 IST

Oleh Meja Sains India TodaySpaceX, dipimpin oleh Elon Musk, pada hari Kamis meluncurkan kapal roketnya yang kuat – Starship Super Heavy. Sementara pesawat ruang angkasa Super Heavy diluncurkan dari permukaan, ia gagal mencapai orbit.

Pesawat ruang angkasa yang terpasang penuh ditenagai oleh roket Super Heavy lepas landas dari fasilitas ruang Starbase miliarder Elon Musk di Boca Chica, Texas. Mesin Raptor 33 muncul dari roket Super Heavy, meluncurkan Starship dari Bumi, yang dengan sendirinya disebut suatu prestasi.

Peluncuran orbit dimaksudkan untuk memvalidasi teknologi yang dapat menggerakkan pesawat ruang angkasa di ruang hampa udara. Pesawat ruang angkasa yang terisi penuh akan terbang 150 mil di atas planet ini, tetapi misinya berakhir dengan ledakan di tengah jalan.

Sorotan tontonan | Starship Super Heavy lepas landas, meledak sebelum mengorbit

Starship rupanya tidak bisa lepas dari Super Heavy dan mulai turun sebelum berakhir dalam kobaran api.

Starship Super Heavy diluncurkan dari Starbase. (foto: SpaceX)

“Seolah-olah uji terbang tidak cukup menarik, Starship mengalami pembongkaran cepat yang tidak terjadwal sebelum pemisahan panggung,” kata SpaceX setelah kegagalan misi.

Starship Super Heavy ditenagai oleh serangkaian mesin Raptor, yang ditenagai oleh metana cair (CH4) dan oksigen cair (LOX). Sebanyak 33 mesin Raptor menggerakkan tahap pertama dorongan yang menghasilkan daya dorong 1,67,33,085 pon untuk mengangkat 150 ton kargo dalam perjalanan di luar planet.

Baca juga | Ilmuwan kelautan memecahkan misteri pembunuhan di Karibia

Starship, di sisi lain, akan ditenagai oleh enam mesin Raptor, tiga di antaranya dikonfigurasikan untuk menembak di ruang hampa udara. 18.000 keramik heksagonal menutupi lambung baja Starship yang dipanggang oleh SpaceX untuk digunakan sebagai pelindung panas. Perisai panas ringan menyerap panas masif dan panas yang dihasilkan saat masuk kembali saat pesawat ruang angkasa melewati atmosfer bumi yang tebal saat turun.

READ  Roket China diluncurkan untuk misi berawak terpanjang ke stasiun luar angkasa
Starship Super Heavy setelah lepas landas dari Starbase. (Foto: AFP)

Membawa pesawat ruang angkasa ke luar angkasa untuk pertama kalinya akan menandai tonggak utama dalam ambisi SpaceX untuk mengembalikan manusia ke Bulan dan akhirnya ke Mars – setidaknya pada awalnya sebagai bagian dari program penerbangan luar angkasa manusia NASA yang baru saja diresmikan, Artemis.

Saat mengumumkan astronot Artemis-II, NASA telah memberikan kontrak jutaan dolar kepada SpaceX untuk menerbangkan manusia ke Bulan dengan pesawat ruang angkasa.

Pendiri SpaceX Elon Musk memberi selamat kepada tim Starship setelah lepas landas dan mengatakan mereka belajar banyak dari penerbangan hari Kamis dan tidak dapat mencapai orbit.

“Selamat kepada Tim SpaceX atas uji peluncuran Starship yang menarik! Kami belajar banyak untuk uji peluncuran berikutnya dalam beberapa bulan,” cuit Musk setelah peluncuran yang gagal. Miliarder itu telah mengatakan bahwa kesuksesan tidak dijamin, tetapi kegembiraan adalah.

Gerhana Matahari 2023: Saksikan sebagian Australia menjadi gelap saat bulan menghalangi matahari