Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Stok Tesla: Mitra baterai Panasonic menjual semua stok

Perusahaan elektronik Jepang Panasonic telah menguangkan saham multi-miliar dolar di pembuat mobil listrik AS dan mitra baterai Tesla. Pada akhir Maret, Panasonic mengurangi sahamnya di Tesla menjadi nol dan menghasilkan sekitar 400 miliar yen (tiga miliar euro), Jepang mengumumkan Jumat dalam sebuah surat kepada Tokyo Stock Exchange.

Setahun yang lalu, saham itu hanya bernilai 81 miliar yen pada akhir Maret 2020 – sementara itu harga pabrikan mobil naik. Orang Jepang sekarang telah mengambil kesempatan untuk menghasilkan seratus kali lipat dari harga awal mereka. Panasonic membeli Tesla pada tahun 2010 dengan harga sekitar $30 juta. Saat itu, Tesla hanya menggunakan sel lithium-ion dari Panasonic untuk menyimpan energi untuk mobil listriknya. Panasonic mengatakan kemitraan dengan Tesla akan terus berlanjut. Kedua perusahaan bersama-sama mengoperasikan pabrik baterai “Gigafactory 1” di negara bagian Nevada, AS, yang dibuka pada 2016 dan di mana Panasonic telah menginvestasikan miliaran dolar.

Panasonic telah mengumumkan bahwa mereka akan membuat dirinya lebih independen dari Tesla dan juga ingin mempertimbangkan pembuat mobil lain sebagai pelanggan. Panasonic sedang membangun produksi baterai untuk mobil hybrid dengan Toyota, yang akan dimulai tahun depan. Untuk bagiannya, Tesla telah lama putus dari kemitraan eksklusif sebelumnya dan membeli sejumlah besar sel baterai dari pabrikan Korea LG Chem dan spesialis baterai China CATL, yang keduanya sekarang menjual lebih banyak baterai untuk mobil listrik daripada yang jarak jauh. Panasonic adalah pemimpin pasar. Pabrik Tesla China di Shanghai pada awalnya direncanakan sebagai mega plant, namun sejauh ini telah direalisasikan sebagai pabrik mobil bebas Panasonic. Menurut laporan media dari awal Juni, CATL sekarang berencana untuk mendirikan pabrik baterai besar di sana dengan kapasitas untuk melengkapi 800.000 mobil per tahun. Di pabrik Grünheide barunya di dekat Berlin, Tesla sekarang ingin membangun “pabrik baterai terbesar di dunia” sendiri.

READ  Salesforce tetap menjadi mesin pertumbuhan berdasarkan angka

Hubungan antara dua mantan mitra eksklusif telah tegang untuk waktu yang lama. Panasonic didukung oleh Yuki Kusumi yang menggantikan kipas Tesla Kazuhiro Tsuga. Tsuga selalu sangat memuji Tesla dan bosnya Elon Musk (49), meskipun Musk telah berulang kali menyalahkan Panasonic atas masalah produksi dan membuat kinerja Jepang buruk. Selain itu, Panasonic dapat menggunakan uang dari penjualan saham, karena grup tersebut ingin mengakuisisi produsen perangkat lunak Amerika, Blue Yonder, yang berspesialisasi dalam rantai pasokan, seharga $ 7,1 miliar.

Surat kabar bisnis Jepang “Nikkei” menerbitkan laporan pertamanya tentang penjualan saham. Harga saham Tesla telah meningkat lebih dari delapan kali lipat sejak Januari 2020 saja. Dengan kapitalisasi pasar sebesar $655 miliar, California sekarang menjadi perusahaan mobil paling berharga di dunia. Tesla telah mampu menunjukkan keuntungan selama tujuh kuartal berturut-turut.