Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Tentara khawatir akan terjadinya pemberontakan besar ketika PTI, PPP, dan PML-N pimpinan Nawaz Sharif bersaing memperebutkan kekuasaan dalam Game of Thrones Pakistan

Tentara khawatir akan terjadinya pemberontakan besar ketika PTI, PPP, dan PML-N pimpinan Nawaz Sharif bersaing memperebutkan kekuasaan dalam Game of Thrones Pakistan

Terakhir diperbarui: 11 Februari 2024, 14:01 WIB

Mantan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif berbicara, diapit oleh putrinya, politisi Maryam, saudara laki-lakinya dan mantan Perdana Menteri Shehbaz, di kantor PML-N di Model Town di Lahore, 9 Februari. (Reuters)

Suasana politik di Pakistan memanas ketika partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) berebut kekuasaan di tengah tindakan keras dan ketegangan militer. Seruan Nawaz Sharif untuk melakukan perubahan menambah bahan bakar ke dalam api

Politik memanas di Pakistan dengan partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) yang dipenjarakan menuntut haknya untuk membentuk pemerintahan negara itu di tengah meningkatnya ketegangan dengan militer yang kuat, yang menghadapi tuduhan mencurangi mandat dalam pemilu 8 Februari.

Tawaran PTI datang di tengah tindakan keras terhadap situsnya dan meningkatnya kekhawatiran akan kemungkinan terjadinya revolusi di jalanan. Kata sumber senior Berita CNN18 Upaya mereka terhambat oleh larangan terhadap Google dan situs web mereka. Hal ini menyusul seruan mantan Perdana Menteri Nawaz Sharif untuk membentuk pemerintahan koalisi dalam pidato kemenangannya di Lahore. Kandidat yang terkait dengan gerakan PTI menuntut Presiden Arif Alvi, yang ditunjuk oleh Imran Khan, mengundang mereka untuk membentuk pemerintahan sekaligus memprotes pemerintahan sementara dan tentara.

Orang-orang independen yang kalah dalam pemilu diarahkan untuk mengajukan Laporan Informasi Pertama (FIR) terhadap petugas yang kembali (RO) yang diduga menyerahkan formulir yang salah kepada mereka. Sementara itu, negosiasi antara Partai Rakyat Pakistan (PPP) dan Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PML-N) juga sedang berlangsung. Asif Ali Zardari dari Partai Rakyat Pakistan dilaporkan ingin membentuk pemerintahan tanpa Nawaz, dan memperjuangkan adik laki-lakinya, Shehbaz, sebagai pemimpin, namun dengan syarat ia memegang jabatan presiden untuk dirinya sendiri.

READ  Total Kasus Virus Omicron di India, Pembaruan Terbaru, Kasus Coronavirus Baru Aktif, Berita Kematian Langsung, Pembaruan Coronavirus Gelombang ke-3 di India, Statistik dan Pendaftaran Vaksin Covid-19, Statistik Langsung di India, Lockdown, Ketersediaan Dosis Vaksin Booster, Pedoman Jam Malam hari ini.

Sumber yang dekat dengan PML-N mengungkapkan bahwa Nawaz Sharif enggan mengambil alih jabatan Perdana Menteri lagi dalam situasi saat ini. Lembaga tersebut lebih memilih pemerintahan yang dipimpin oleh Shehbaz Sharif, dan didukung oleh Zardari, untuk menangani program ekonomi dan mengurangi pinjaman di negara tersebut. Angkatan Darat Pakistan yakin bahwa Shehbaz akan menjadi CEO yang efektif untuk memenuhi harapan pemerintah. Nawaz mendelegasikan Shehbaz untuk mengadakan pembicaraan dengan partai politik lain, termasuk Partai Rakyat Pakistan, untuk menjajaki kemungkinan pembentukan pemerintahan.

Mantan perdana menteri tiga kali ini telah menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama dengan semua pihak untuk membentuk pemerintahan, termasuk Fazlur Rehman dari Jamiat Ulema-e-Islam. Dia menekankan pentingnya stabilitas dan mendesak semua pihak untuk bekerja sama memperbaiki situasi negara yang berhutang banyak tersebut. Pesannya juga tercermin dalam pernyataan panglima militer yang meminta para politisi yang bertikai untuk menunjukkan “kedewasaan dan persatuan” setelah pemilu gagal menghasilkan pemenang yang jelas.

Tentara Pakistan, yang dituduh mendukung Nawaz, mendominasi kancah politik negara itu, karena para jenderalnya telah memerintah negara itu selama hampir separuh sejarahnya. “Pemilu bukanlah kompetisi zero-sum antara menang dan kalah, namun sebuah latihan untuk menentukan amanah rakyat,” kata Panglima Angkatan Darat Jenderal Syed Asim Munir dalam pernyataan yang dikeluarkan, Sabtu.