Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Ukraina adalah salah satu negara paling korup di Eropa.  Perang dengan Rusia tidak mengubah itu

Ukraina adalah salah satu negara paling korup di Eropa. Perang dengan Rusia tidak mengubah itu

Ukraina telah menindak korupsi menjelang pertemuan puncak dengan Uni Eropa di Kyiv minggu ini.

Sebagai bagian dari kampanye anti-korupsi, Ukraina sedang menyelidiki mantan pejabat tinggi kementerian pertahanan dan energi serta kantor pajak, demikian dilaporkan. Washington Pos.

Pada hari Rabu (1 Februari), pihak berwenang Ukraina menggerebek rumah seorang miliarder berpengaruh. Ihor Kolomoisky. Rumah mantan Menteri Dalam Negeri Arsen Avakov juga digeledah.

Penggerebekan itu terjadi ketika Presiden Volodymyr Zelensky mengumumkan bahwa pemerintahnya sedang “mempersiapkan reformasi baru” yang akan membuat negara itu “lebih manusiawi, transparan, dan efisien”, demikian dilaporkan. BBC.

Mari kita lihat lebih dekat penggerebekan antikorupsi baru-baru ini dan perjuangan panjang Ukraina melawan korupsi.

Pembersihan anti-korupsi di Ukraina

Pihak berwenang Ukraina telah menemukan sejumlah besar uang tunai, jam tangan mewah, dan mobil selama penggerebekan di kediaman kepala pajak, demikian dilaporkan. CNN.

Beberapa foto yang diduga telah diterbitkan tentang Kolomosky, salah satu orang terkaya di negara itu, melihat rumahnya di tenggara kota Dnipro. Reuters Mengutip media, penyelidikan kemungkinan kejahatan keuangan.

Taipan bisnis itu menjabat sebagai gubernur wilayah Dnipropetrovsk yang lebih luas pada 2014 dan mendukung upaya Zelensky untuk menjadi presiden pada 2019.

Dinas Keamanan Ukraina (SBU) menuduh “mantan manajemen” produsen minyak Ukrnafta dan kilang minyak Ukrtatnafta melakukan “penggelapan” sebesar $1,1 miliar. Khususnya, Kolomoiskiy memiliki sebagian dari dua perusahaan minyak terbesar di Ukraina, menurut negara bagian Reuters.

Penggerebekan dilakukan di rumah Ihor Kolomoisky. foto arsip Reuters

Mantan Menteri Ukraina Avakov mengatakan kepada media bahwa rumahnya telah digeledah sehubungan dengan penyelidikan atas kecelakaan helikopter pada 18 Januari yang menewaskan 14 orang.

Avakov adalah Menteri Dalam Negeri pada 2018 ketika helikopter ES-225 ‘Super Puma’ – yang terlibat dalam kecelakaan itu – dibeli dari Prancis.

READ  Apakah pesawat kamikaze Iran yang terkenal sekarang ditenagai oleh mesin jet?

Avakov mengklaim bahwa tidak ada yang ditemukan selama penggeledahan dan semua kontrak disetujui pada saat kesepakatan, lapornya BBC.

David Arakhami, anggota partai “Hamba Rakyat” Zelensky, memberi tahu para pemimpin dinas bea cukai bahwa mereka telah diberhentikan.

Negara akan berubah selama perang. Jika seseorang tidak siap untuk berubah, negara akan datang dan membantunya untuk berubah,” tulis Arakami di Telegram Reuters.

getaran politik

Dalam sepekan terakhir, 15 pejabat Ukraina telah dipecat atau dipaksa mengundurkan diri di tengah tuduhan korupsi.

Ini termasuk wakil menteri infrastruktur Ukraina, Vasyl Lozinsky, yang dipecat setelah jaksa menuduhnya menaikkan harga perlengkapan musim dingin dan “menghabiskan $4,00,000,” menurut laporan tersebut. Penjaga. Dia ditahan.

Pejabat lain yang diberhentikan adalah Vyacheslav Shapovalov — wakil menteri pertahanan — yang bertanggung jawab untuk mengawasi persediaan dan makanan untuk pasukan Ukraina. Di bawahnya kontrak makanan yang diduga ditandatangani, tuduhan yang dia bantah.

Jalan keluar penting lainnya adalah Kyrylo Tymoshenko, wakil kepala administrasi kepresidenan Ukraina. Laporan menuduh bahwa dia “secara tidak benar” menggunakan SUV yang disumbangkan untuk misi kemanusiaan.

Oleksiy Simonenko, wakil jaksa agung Ukraina, juga dipecat. Desember lalu, dia pergi ke Spanyol untuk liburan 10 hari dengan Mercedes, yang kabarnya dimiliki oleh seorang pengusaha terkemuka Ukraina. Penjaga.

Pada bulan Januari, Zelensky melarang semua pejabat pemerintah meninggalkan negara itu selain untuk urusan resmi.

Pertempuran panjang Ukraina dengan korupsi

Korupsi sistemik merajalela di Ukraina jauh sebelum invasi Rusia Februari lalu.

Sejak Ukraina mendeklarasikan kemerdekaannya dari Uni Soviet pada tahun 1991, negara tersebut terus memerangi korupsi, “membebaskan diri dari pengaruh oligarki Rusia dan membangun sistem politik yang demokratis.” waktu.

Sebuah laporan tahun 2016 oleh Transparency International afiliasi Transparency International menemukan bahwa 38 persen hingga 42 persen rumah tangga Ukraina mengatakan mereka telah membayar suap untuk mengakses layanan publik dasar seperti pendidikan atau perawatan kesehatan, demikian dilaporkan. waktu.

Selama kampanye kepresidenannya, Zelensky berjanji untuk memberantas korupsi.

READ  Pakistan menawarkan bantuan ke India di tengah wabah virus korona, menteri luar negeri mengatakan 'Kami percaya pada kemanusiaan dulu'

Pada 20 Mei 2019, Zelensky mengatakan bahwa kemenangan pemilihannya membuktikan bahwa Ukraina bosan dengan politisi berpengalaman yang selama beberapa dekade telah menciptakan negara dengan peluang – “peluang untuk pencurian, penyuapan, dan penjarahan”, demikian dilaporkan. Al Jazeera.

Ukraina berada di peringkat ke-117 dari 180 negara dalam Indeks Persepsi Korupsi 2020 Transparency International, sedangkan Rusia di peringkat ke-129.

Indeks Persepsi Korupsi 2021 menempatkan Ukraina di peringkat 122 dari 180 negara.

Al Jazeera Dia mencatat bahwa Ukraina adalah negara terkorup kedua di Eropa, dengan Rusia menjadi yang paling korup di 136 negara.

Ukraina bernasib sedikit lebih baik dan menempati peringkat 116 dari 180 negara dalam Indeks Persepsi Korupsi 2022 yang dirilis pada Selasa (31 Januari). Rusia menempati urutan ke-137 dalam indeks.

“Sayangnya, mengatasi korupsi sistemik semacam ini rumit dan membutuhkan upaya berkelanjutan setidaknya satu generasi atau lebih,” kata Christian Nitoyo, Dosen Diplomasi dan Tata Kelola Internasional di Loughborough University. Al Jazeera Pada bulan Juni tahun lalu.

“Warisan Uni Soviet memainkan peran penting, di mana warga negara harus belajar menavigasi sistem hubungan dan aturan informal, di mana setiap orang memiliki hak yang sama di atas kertas, tetapi dalam praktiknya beberapa orang lebih ‘setara’ daripada yang lain.”

“Perkembangan ini tidak unik di Ukraina, karena sebagian besar negara pasca-Soviet dan komunis, termasuk Rusia, mengalaminya, tetapi Ukraina, bersama dengan Moldova, adalah kasus ekstrem,” jelas Nitoy.

Ukraina Langkah-langkah telah diambil untuk memberantas korupsi dalam beberapa tahun terakhir.

Ukraina adalah salah satu negara paling korup di Eropa dan perang dengan Rusia tidak mengubah itu

Korupsi menjangkiti Ukraina bahkan selama perang dengan Rusia. File gambar AP

Pemerintah telah membentuk dua badan antikorupsi – Badan Antikorupsi dan Biro Antikorupsi Nasional sejak mantan Presiden Viktor Yanukovych digulingkan pada 2014 setelah protes besar.

READ  Coronavirus 2 Desember LANGSUNG: India melaporkan 9.765 kasus baru dan 477 kematian. Mandaviya akan mengadakan pertemuan dengan negara bagian/UT tentang inspeksi dan kontrol bandara pada jam 10 pagi hari ini

Pemerintah Zelensky mengesahkan undang-undang yang mengakhiri kekebalan anggota parlemen dari penuntutan.

Sementara Zelensky dipuji atas beberapa reformasinya, upayanya untuk membasmi korupsi juga dipertanyakan.

Mengapa Ukraina telah mempercepat usahanya sekarang

Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan korupsi di Ukraina untuk membenarkan invasi Moskow.

Amerika Serikat dan sekutu Eropanya telah menekan Ukraina untuk membersihkan rumahnya di tengah kekhawatiran meluasnya korupsi.

Pada hari Selasa, Departemen Keuangan AS mengatakan tidak ada indikasi bahwa Ukraina menyalahgunakan dana AS, menambahkan bahwa mereka akan bekerja sama dengan otoritas Ukraina untuk “memastikan bahwa perlindungan yang tepat ada sehingga bantuan AS mencapai targetnya.”

Ukraina, yang berusaha untuk menjadi anggota penuh Uni Eropa, berharap tindakan anti-korupsi baru-baru ini akan meningkatkan pencalonannya, demikian dilaporkan. Washington Pos.

Langkah-langkah anti-korupsi adalah “dimensi penting dari proses aksesi UE,” kata Anna Besonero, juru bicara Komisi Eropa, awal Januari. CNN.

Dengan masukan dari lembaga

Baca semua file berita terbaruDan berita yang sedang trenDan Berita kriketDan Berita BollywoodDan
Berita India Dan Berita Hiburan di sini. Ikuti kami FacebookDan Twitter Dan Instagram.