Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Wisatawan mengunjungi “Benua Hilang” tanpa menyadarinya

Wisatawan mengunjungi “Benua Hilang” tanpa menyadarinya

Wisatawan dari seluruh dunia mungkin sedang berlibur di sisa-sisa “benua yang hilang” yang tersembunyi di depan mata.

Benua yang dikenal dengan nama Greater Adria ini konon terpisah dari Afrika Utara sekitar 250 juta tahun lalu. Sekitar 120 tahun kemudian, ia mulai tenggelam di bagian selatan Eropa termasuk Pegunungan Alpen, Apennines, Balkan, dan Yunani.

“Lupakan Atlantis. Tanpa disadari, sejumlah besar wisatawan menghabiskan liburan mereka setiap tahun di benua Greater Adria yang hilang,” kata Douwe van Hinsbergen, profesor tektonik global dan paleogeografi di Universitas Utrecht.

Dia menambahkan: “Satu-satunya bagian yang tersisa dari benua ini adalah jalur yang membentang dari Turin melintasi Laut Adriatik hingga ujung sepatu bot yang membentuk Italia.”

Ini bukan pertama kalinya benua yang “hilang” ditemukan…

Para ilmuwan telah menemukan Zealandia (atau Te Riu-a-Māui dalam bahasa Māui) yang konon telah ‘hilang’ selama 375 tahun.

Di masa lalu, terdapat spekulasi mengenai apakah benua itu benar-benar ada. Baru pada tahun 2017 para ahli geologi menemukan bahwa benua tersebut telah ada sejak lama.

berdasarkan Berita Tennessee, SelandiaLuasnya mencapai 1,89 juta mil persegi. Itu adalah bagian dari benua super yang disebut Gondwana, yang mencakup sebagian besar Antartika Barat dan Australia timur, lebih dari 500 juta tahun yang lalu.

Konon benua ini pertama kali ditemukan pada tahun 1642 oleh pengusaha dan pelaut Belanda Abel Tasman, yang sangat ingin menemukan “Benua Besar Selatan”.

Para ilmuwan sepakat bahwa Zealandia ada, yang mulai “mundur” dari Gondwana karena alasan yang masih coba dipahami oleh para ilmuwan.

Sebagian besar benua yang baru ditemukan ini berada di bawah air, dan ahli geologi di Crown Research Institute of Zealand (GNS Science) telah menggunakannya sebagai contoh bagaimana menemukan sesuatu yang “cukup jelas” dapat memakan waktu lama.

READ  Webb mengungkap raksasa alam semesta awal

berlangganan Untuk buletin mingguan Indy100 gratis kami

Bagikan pendapat Anda di berita demokrasi kami. Klik ikon upvote di bagian atas halaman untuk membantu menaikkan peringkat artikel ini di indy100.