Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Xi Jinping membuat penampilan publik pertamanya setelah kembali dari pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Shanghai; Kunjungi pameran pesta

Presiden China Xi Jinping mengunjungi, pada hari Selasa, sebuah pameran Partai Komunis, yang muncul di depan umum untuk pertama kalinya setelah kembali dari KTT Organisasi Kerjasama Shanghai pada 16 September, yang memicu rumor ketidakhadirannya dari pusat perhatian sebelum konferensi utama. pemerintahan bulan depan. Upacara.

Xi pada hari Selasa mengunjungi sebuah pameran tentang pencapaian besar Partai Komunis Tiongkok dan negara itu selama dekade terakhir, Kantor Berita Xinhua melaporkan.

Berbicara di pameran itu, ia menyerukan upaya bersama untuk secara tegas maju menuju kemenangan baru sosialisme dengan karakteristik China, kata laporan itu.

Ini adalah pertama kalinya media pemerintah melaporkan penampilan publiknya setelah pulang dari pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Shanghai di Samarkand, Uzbekistan pada 16 September.

Pengamat mengatakan kegagalan Xi untuk tampil di depan umum mungkin karena tujuh hari karantina wajib di lokasi yang ditentukan diikuti dengan tinggal tiga hari di rumah sesuai dengan pedoman resmi untuk orang yang kembali dari luar negeri di bawah kebijakan Dynamic Zero COVID, yang telah digalakkan. dianjurkan oleh Xi sendiri.

Ketidakhadirannya telah memicu desas-desus tentang ketegangan di dalam Partai Komunis China, yang akan mengadakan kongres sekali setiap lima tahun pada 16 Oktober, dengan Presiden berusia 69 tahun itu secara luas diperkirakan akan memenangkan dukungan untuk rekor masa jabatan ketiga. .

Partai, yang telah menertawakan rumor dan spekulasi tentang ketegangan di dalam Partai Komunis China atas kegigihan Xi, mengumumkan bahwa semua dari sekitar 2.300 delegasi “terpilih” ke Kongres sesuai dengan pedoman yang digariskan oleh Xi.

Partai itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa 2.296 delegasi “terpilih” untuk menghadiri Kongres Nasional Partai Komunis China (CPC) ke-20 mendatang, yang dijadwalkan pada 16 Oktober.

READ  Berita Langsung Krisis Ukraina, Berita Rusia- Ukraina Hari Ini, Rusia Berita Perang Ukraina, Berita Krisis Ukraina, Berita Rusia Ukraina

Para delegasi dipilih di bawah bimbingan Pemikiran Xi Jinping tentang Sosialisme dengan Karakteristik Tiongkok untuk Era Baru dan sesuai dengan Konstitusi Partai, dengan mengadopsi metode yang disyaratkan oleh Komite Sentral CPC, tambahnya.

Kongres, di mana Xi diperkirakan akan mengamankan masa jabatan ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya, diadakan di tengah pembersihan besar-besaran pejabat keamanan tinggi, yang dikatakan sebagai bagian dari klik politik yang menentang presiden China.

Tiga pejabat keamanan dijatuhi hukuman mati dengan penangguhan hukuman dua tahun minggu ini untuk korupsi, mengangkat alis tentang eskalasi tiba-tiba sanksi sebelum Kongres bersidang.

Pengadilan Rakyat Menengah menjatuhkan hukuman mati kepada Sun Lijun, mantan wakil menteri keamanan publik yang dituduh memimpin kelompok politik yang menentang Xi, dengan penangguhan hukuman dua tahun karena menerima suap, manipulasi saham, dan kepemilikan senjata api secara ilegal. Changchun di Provinsi Jilin, timur laut Cina.

Sehari sebelumnya, pengadilan yang sama telah menjatuhkan hukuman mati kepada Fu Zinhua, mantan menteri kehakiman dan salah satu kepala polisi paling berkuasa di China dengan penangguhan hukuman dua tahun atas keterlibatannya dalam korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan senilai US$17,3 juta.

Beberapa jam kemudian, pengadilan yang sama mengeluarkan keputusan serupa untuk mantan pejabat Jiangsu, Wang Lake. Media pemerintah di sini melaporkan bahwa dia dijatuhi hukuman mati, diskors selama dua tahun, karena penyuapan, keterlibatan dengan geng kriminal, dan pemalsuan kartu identitas.

Sejak berkuasa pada 2012, presiden China telah melancarkan kampanye anti-korupsi yang mengejutkan dan mengejutkan, menghukum lebih dari satu juta pejabat, termasuk puluhan perwira militer senior.

Partai Komunis China mengadakan Kongres setiap lima tahun. Tapi Kongres tahun ini penting, karena ini adalah tahun pergantian kepemimpinan bagi partai yang sudah berusia seabad itu.

READ  Jelaskan: mengapa begitu banyak orang dengan gejala Covid-19 dinyatakan negatif

Xi, yang mengepalai Partai, militer dan kepresidenan, akan menyelesaikan masa jabatan 10 tahunnya.

Menurut aturan yang diikuti secara luas sejak kematian pendiri Partai Mao Zedong pada tahun 1976, semua pendahulu Xi secara ketat mengikuti periode 10 tahun untuk mengikuti arahan penerus Mao Deng Xiaoping.

Deng, yang dipandang sebagai pemimpin Paramount untuk kebijakan sosial dan ekonomi pragmatisnya yang memperkenalkan reformasi pasar yang melemahkan ideologi sosialis, mengarahkan para pemimpin untuk secara ketat membatasi periode 10 tahun untuk memastikan munculnya kepemimpinan kolektif baru untuk menghindari ekses tertentu seperti budaya. Revolusi yang diikuti Mao membunuh jutaan orang atas nama eksperimen ideologis.

Bukti menunjukkan bahwa Xi, yang diberi gelar “pemimpin penting” seperti Mao, diperkirakan akan tetap berkuasa untuk masa jabatan ketiga dan mungkin seumur hidup, menyebabkan kekhawatiran di antara 96 ​​juta anggota partai yang berkuasa.