SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

1.000 Orang Bikin SIM Gratis

  • Reporter:
  • Senin, 25 Februari 2019 | 16:22
  • Dibaca : 510 kali
1.000 Orang Bikin SIM Gratis
Warga antre memperpanjang SIM saat kegiatan Millenial Road Safety Festival (MRSF). /TEGUH PRIHATNA

BATAM KOTA – Polda Kepri mencatatkan nama di Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) kategori perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) terbanyak. Dalam kegiatan Millenial Road Safety Festival (MRSF), ada 1.000 warga mengurus perpanjangan SIM di tujuh lokasi yang disediakan Polda Kepri, Minggu (24/2).

Kapolda Kepri Irjen Andap Budhi Revianto mengatakan, pencapaian rekor bukan hanya dalam skala Indonesia, melainkan juga dalam skala sedunia. “Hal ini sangat mengejutkan. Kami bukan hanya mendapatkan rekor Muri saja, tapi juga rekor dunia dalam kategori perpanjangan SIM saat hari libur,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Polda Kepri menyediakan loket perpanjangan SIM A dan C gratis bagi pengunjung. Jenderal bintang dua ini menjelaskan, kegiatan MRSF ini sendiri adalah kampanye keselamatan dalam berlalu lintas. Khususnya untuk menekan angka fatalitas bagi kaum milenial yang tercatat banyak menjadi korban di jalan raya. Ia berharap agar ke depannya, Kepri bisa nol kecelakaan lalu lintas (zero accident).

“Berdasarkan catatan pada tahun 2018, ada 61 persen kejadian lakalantas yang dialami kaum milenial. Dari jumlah ini sebanyak 205 jiwa kaum milenial meninggal dunia akibat lakalantas,” katanya.

Direktur Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kepri Kombes Pol Roy Ardhya Candra mengatakan, selain rekor Muri perpanjangan SIM di hari Minggu, dalam kegiatan ini Polda Kepri juga dapat memecahkan rekor peserta terbanyak. “Data yang ada saat ini, ada 153 ribu peserta yang mengikuti kegiatan ini se-Kepri,” ujarnya.

Menurut dia, angka ini menjadi paling tinggi di antara polda-polda lain se-Indonesia, karena belum ada polda lainnya yang mengalahkan Polda Kepri. “Ke depannya, bisa jadi akan kami adakan terus seperti ini. Apabila antusias dari masyarakat dan permintaan masyarakat tinggi terkait hal ini,” katanya.

Manajer Muri Indonesia Ridho Al Amin mengatakan, pencapaian rekor Muri ini didapat angka sebanyak seribuan peserta yang melakukan perpanjangan SIM. Di mana yang paling banyak adalah pengurusan SIM C.

“Kami berikan rekor MURI ini karena ada seribuan yang ikut perpanjangan SIM, di mana paling banyak adalah pengurusan SIM C,” kata Ridho.

Selain itu, sambungnya, rekor ini pun bukan hanya skala Indonesia saja, bahkan sudah masuk kategori rekor dunia. Hal ini baru pertama kali ada di Indonesia dan dunia.
“Baru pertama kali ada di Indonesia dan bahkan dunia, untuk itu kami klaim ini bukan Indonesia saja, melainkan dunia,” ujarnya. dicky sigit rakasiwi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com