SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

5.983 Hansip Dilibatkan Pengamanan TPS

  • Reporter:
  • Kamis, 11 Oktober 2018 | 15:41
  • Dibaca : 58 kali
5.983 Hansip Dilibatkan Pengamanan TPS
ilustrasi

BATAM – Polresta Barelang melibatkan sebanyak 5.983 anggota Perlindungan Masyarakat atau biasa disebut Hansip untuk menjaga tempat pemungutan suara di Kota Batam dalam Pemilu 2019.

Seluruh hansip itu bakal disebar ke sebanyak 2.923 tempat pemungutan suara yang ada di 64 kelurahan dan 12 kecamatan di Kota Batam.

Polresta telah mengumpulkan sebanyak 1.600 Linmas dalam apel konsolidasi yang digelar di Mapolresta Barelang, kemarin. Selain Linmas, tujuh Kapolsek dan anggota Satpol PP di Batam ikut apel.

Kapolresta Barelang Kombes Hengki yang memimpin apel menyatakan konsolidasi itu bagian dari pengecekan kesiapan personel polisi untuk pengamanan Pemilu tahun depan.

“Sekitar 1.000 personel Polresta Barelang tak akan sanggup mengamankan seluruh TPS. Harus ada bantuan untuk kepolisian,” ujar Hengki, kemarin.

Menurut perhitungan Hengki, setidaknya pengamanan 2.923 TPS membutuhkan sekitar 6.000 personel. Atas pertimbangan jumlah personel dan TPS, Polresta melibatkan anggota Linmas dalam pengamanan TPS. “Linmas akan sangat membantu kepolisian,” sambung Hengki.

Kepolisian sejauh ini membagi TPS dalam empat kategori. TPS Aman, TPS Rawan I, TPS Rawan II dan TPS Khusus. Mengacu pengelompokkan itu, jumlah anggota Linmas nantinya akan ditempatkan sesuai tingkat kerawanan TPS. Tak cuma itu, polisi akan membekali Linmas dengan pelatihan pengamanan, cek kesehatan dan fisik sampai kelengkapan pakaian selama pengamanan TPS.

Kemudian, Polresta juga akan meminta data anggota Linmas yang diterjunkan dalan pengamanan TPS. Data itu dikumpulkan pada Desember 2018, atau empat bulan sebelum hari pemilihan.

Hengki menegaskan upaya kepolisian ini demi mematangkan pengamanan Pemilu 2019 dan memberikan rasa aman bagi penyelenggara pemilu, pengawas, peserta dan masyarakat. “Tugas penting ini diemban pihak keamanan. Saya harap semua jajaran bersiap,” tutur dia.

Sebagai gambaran, hingga saat ini tahapan Pemilu 2019 telah memasuki masa kampanye terhitung sejak 23 September 2018 dan berakhir pada 13 April 2019. Hari pemungutan suara jatuh pada 17 April 2019 atau hari Rabu.

Adapun di Batam, tercatat sebanyak 691 caleg yang maju dalam Pileg DPRD Batam untuk Pemilu 2019. Sementara jumlah caleg yang maju Pileg DPRD Kepri sebanyak 543 orang. Kemudian jumlah caleg DPR RI dapil Kepri sebanyak 36 orang dan calon anggota DPD 12 orang. romi kurniawan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com