SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

65 Sekolah di Batam Gelar UNBK, Hasil Try Uot di Bawah Target

  • Reporter:
  • Jumat, 17 Maret 2017 | 14:00
  • Dibaca : 978 kali
65 Sekolah di Batam Gelar UNBK, Hasil Try Uot di Bawah Target
Siswa/siswi SMPN 06 Seipanas mengikuti Try Out. Foto Teguh Prihatna.

BATAM KOTA – Dinas Pendidikan (Disdik) Batam menggelar berbagai persiapan dan uji coba guna mensukseskan pelaksanan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2017. Tahun ini, ada 65 sekolah akan mengikuti UN sistem online, terdiri dari 22 SMP, 19 SMA dan 24 SMK, baik negeri maupun swasta.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Disdik Batam, peserta UNBK tingkat SMP ada 3.152 siswa, SMA 2.731 sisw dan SMK 3.279 siswa. “Sebagian besar UNKB digelar di sekolah masing-masing. Tapi ada juga beberapa sekolah yang masih menumpang tahun ini,” kata Kepala Disdik Batam Muslim Bidin, Kamis (15/3).

Muslim mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mendapat laporan resmi dari Disdik Kepri soal hasil uji coba UNBK. Namun Muslim mengaku sudah mendapat informasi gambaran hasil terkait uji coba UNBK yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Pihaknya menargetkan lulus rata-rata dengan nilai 6,5 untuk setiap mata pelajaran yang diujikan. Tetapi dari gambaran informasi di lapangan, hanya sebagian kecil siswa yang mencapai angka tersebut. Ada beberapa persoalan yang menjadi penyebab ketidak berhasilan siswa. “Kami belum tahu pasti hasilnya, tapi sepertinya banyak yang di bawah target,” ujarnya.

Beberapa yang masih menjadi kendala di antaranya yakni terkait gangguan jaringan di sistem komputer. Kemudian juga masih banyak pengetahuan siswa yang minim soal ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Ditambah lagi juga karena siswa kurang menguasai materi yang diujicobakan.

Namun, kendala tersebut akan menjadi bahan evaluasi Disdik untuk melakukan pembenahan bersama agar kedepan saat pelaksaan UNBK tidak ada masalah. Dengan uji coba siswa yang akan mengikuti UN bisa lebih siap nantinya. “Masih kami evaluasi, sekolah-sekolah yang masih kurang dimatangkan lagi. Kami juga sudah koordinasi dengan provinsi,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com