SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Ajak Warga Peduli Lingkungan, Lions Club Batam Tanam 1.000 Pohon

  • Reporter:
  • Senin, 24 April 2017 | 11:30
  • Dibaca : 651 kali
Ajak Warga Peduli Lingkungan, Lions Club Batam Tanam 1.000 Pohon
Lions Club Batam Tanam 1.000 Pohon. Foto Muhammad Arief.

BATUAJI – Lions Club Batam, Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) Kepri, Yonif 10 Marinir Satria Bhumi Yudha (SBY) dan Polisi Hutan (Polhut) menggelar penanaman 1.000 pohon, Minggu (23/4).

Banyaknya hutan yang gundul saat ini menarik perhatian untuk menanam pohon guna terpenuhinya kebutuhan oksigen di Batam. Penanaman pohon dilaksanakan di dua titik, di antaranya 300 pohon ditanam di pedalaman hutan Tembesi Bengkel dan 700 pohon di Markas Yonif 10 Marinir Satria Bhumi Yudha (SBY).

Selain untuk memenuhi kebutuhan oksigen, penanaman pohon juga bertujuan untuk mengantisipasi banjir yang kerap mengepung wilayah Batuaji dan Sagulung belakangan ini. “Ini kepedulian kami dengan lingkungan. Banyak hutan yang sudah gundul sekarang dan ini bahaya jika dibiarkan,” kata Presiden Lions Club Batam, Hendra Asman.

Dia mengajak masyarakat untuk bersama bahu-membahu melestarikan hutan. Anggota DPRD Batam ini mengatakan, saat ini hutan Batam memang sudah kritis dan butuh perhatian serius. Menurut dia, penanaman pohon sangat besar manfaatnya. “Ini tidak bisa dibiarkan, karena pemukiman warga bisa terancam karena banjir dan tanah longsor,” ujarnya.

Perwakilan Polisi Kehutanan, Yon Sihotang menuturkan, penanaman pohon ini merupakan bagian dari konservasi sumber daya alam yang dapat menyelamatkan dua manusia. “Satu pohon dua manusia bisa selamat menghirup oksigen bersih. Jadi dalam waktu tiga tahun ada 2.000 manusia yang bisa selamat,” ujarnya.

Danyonif 10 Marinir SBY Letkol Marinir Charles Arianto Lumban Gaol menyambut baik kegiatan tersebut. Dia mengatakan, reboisasi perlu dilakukan mengingat kondisi hutan lindung yang ada di Batam saat ini cukup kritis. “Ke depan kami akan sama-sama menggalakkan penanaman pohon serupa agar kondisi hutan yang asri dan rimbun bisa tercapai kembali,” kata Charles.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com