SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bangun Cinta Tanah Air di Wilayah Pesisir

  • Reporter:
  • Kamis, 7 November 2019 | 11:05
  • Dibaca : 93 kali
Bangun Cinta Tanah Air di Wilayah Pesisir
Kasat Polairud Polres Karimun Sahata Sitorus (kanan) saat menjelaskan sejarah Indosnesia kepada anak-anak pesisir di Pulau Stunak Kecamatan Karimun, Rabu (6/11). /ERNIS HUTABARAT

KARIMUN – Polres Karimun, melalui Kasat Polairud Polres Karimun Sahata Sitorus terus melakukan inovoasi dan terobosan dalam menjalankan program Kepolisian Republik Indonesia melalui Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) serta program POLMAS (Pemolisian Masyarakat) terhadap masyarakat dan anak-anak pesisir di wilayah Kabupaten Karimun.

Sahata mengatakan dalam rangka menyambut Hari Pahlawan 10 November merupakan salah satu momen tepat untuk memperkenalkan betapa pentingnya sejarah. Sahata Sitorus mengatakan, polisi sebagai pengayom masyarakat juga bertanggung jawab untuk membangun paradikma para anak-anak khususnya di daerah pesisir untuk cinta NKRI melalui sejarah.

Dikatakan, Polmas merupakan sebuah paradigma baru untuk menjadikan Polri sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat. Strategi Polmas adalah dengan mengikutsertakan masyarakat, pemerintah dan pihak lain dalam menangkal, mencegah hingga menanggulangi masalah keamanan secara kemitraan yang setara dengan Polri. Termasuk dengan mendatangi rumah ke rumah warga.

“Kali ini kita di Pulau Stunak Kecamatan Karimun. Kita menyampaikan sejarah kepada anak-anak dengan cara bermain bersama,” kata Sahata Sitorus, Kasat Polairud Polres Karimun, Rabu (6/11).

Sahat menjelaskan, momen pemilihan Presiden RI yang baru dilantik turut menjadi salah satu sosialisasi kepada anak-anak. Sahata bersama anggotanya terus menggali minat anak-anak tentang sejarah dengan memberikan cerita melalui gambar-gambar yang sudah dipersiapkan

“Kita mencoba minat mereka agar terpacu ingin tahu. Makanya kita ceritakan sejarah, mulai dari pemimpin-pemimpin kita, tentang nama-nama pahlawan kita melalui gambar-gambar yang sudah kita siapkan,” katanya.

Dia menilai, para anak-anak sangat menikmati cara dan pola yang mereka lakukan. Tidak sedikit di antara anak-anak tersebut memberikan pertanyaan kepada pihaknya terkait sejarah Indonesia.

“Jadi ini tanggung jawab kita bersama. Memang program kita saat ini adalah program pintar masyarakat pesisir, ini sesuai dengan slogan Indonesia maju SDM unggul,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini juga, Sahata Sitorus memberikan sosialisasi dan harapan kepada masyarakat dalam penangkalan radikalisme dan penggunaan media sosial. Dia berpesan agar masyarakat tetap waspada dan tidak gampang terpengaruh akan issu-issu, sehingga kedepan masyarakat Karimun tetap aman dan kondusif.

“Jangan mudah terpengarus hasutan-hasutan. Dan yang paling penting harus bijak dalam melakukan media sosial,”pesannya

Dan bagi para nelayan, Sahata berpesan agar tetap waspada dan mengutamakan keselamatan saat pergi melaut. Dia menegaskan agar para nelayan selalu menggunakan life jacket.

“Utamakan keselamatan, cuaca sering berubah jadi waspadalah karena kita tahu keluarga kita sedang menunggu kita dirumah,”pesannya

Pantauan di lapangan, Polairud Polres Karimun memberikan sejumlah bantuan life jacket kepada para nelayan. Pemberian bantuan alat tulis sekolah kepada puluhan anak-anak pesisir dan menggelar sejumlah permainan dengan anak-anak dan masyarakat.

ernis hutabarat

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com