SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bawaslu Anambas Terima Laporan Politik Uang

  • Reporter:
  • Rabu, 17 April 2019 | 10:10
  • Dibaca : 86 kali
Bawaslu Anambas Terima Laporan Politik Uang
Komisioner Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Tindak Pidana Pemilu Anwar saat di Bawaslu Anambas, kemarin. f jhon munthe

ANAMBAS – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Anambas menerima laporan tentang adanya dugaan politik uang. Adapun laporan tersebut diterima oleh Bawaslu Kabupaten Kepulauan Anambas sekitar pukul 11.00 WIB, pelapor mengaku menerima sejumlah uang dan barang dari seorang Caleg peserta Pemilu 2019.

Komisioner Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Tindak Pidana Pemilu Anwar membenarkan adanya laporan dari masyarakat itu. Bahkan saat itu si pelapor sedang diambil keterangannya oleh komisioner Bawaslu.

“Iya benar ada laporan, saat ini sedang dilakukan pemeriksaan,” ujar Anwar, Selasa(16/4).

Anwar juga menambahkan, pemeriksaan saat ini baru permulaan belum lengkap secara formil. Namun pihaknya akan menelusuri laporan itu dengan memanggil beberapa saksi bahkan akan memanggil terlapor dalam waktu dekat. “Ini masih terlalu awal, nanti akan kita sampaikan perkembangannya. Kalau sekarang belum bisa kita simpulkan langsung,” ujarnya.

Ia menambahkan jika laporan lengkap dan memenuhi unsur formil dan materil, maka akan diserahkan ke Gakkumdu. Saat ini pihaknya tetap akan mendalami laporan itu sehingga ada titik terangnya.

“Kita akan panggil saksi dan membuat kajian dan akan melakukan pleno apakah lengkap syarat formil dan materil. Jika lengkap dan memenuhi persyaratan maka diserahkan ke Gakkumdu. Kita akan proses ini selama tiga hari untuk persiapan kelengkapannya,” katanya.

Sementara pelapor, PK mengaku melaporkan salah satu Caleg itu karena ada menerima sejumlah uang dan barang elektronik. Namun dirinya hanya sebagian orang diperlakukan hal yang sama. Kemungkinan warga lain juga masih ada menerima sejumlah uang dan barang itu dari salah satu Caleg peserta Pemilu 2019. “Iya saya ada buat laporan. Nanti kita serahkan kepada Bawaslu,” ujarnya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com