SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Baznas Targetkan Zakat Fitrah Rp2 Miliar

  • Reporter:
  • Kamis, 15 Juni 2017 | 14:44
  • Dibaca : 366 kali
Baznas Targetkan Zakat Fitrah Rp2 Miliar
ilustrasi

SEKUPANG – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam telah menyeragamkan pembayaran zakat fitrah 1438 Hijriyah. Penetapan keseragaman zakat fitrah bertujuan untuk memudahkan bagi masyarakat yang akan membayar zakat fitrah di setiap masjid maupun musala.

Staf Bimas Islam Kemenag Kota Batam, Resdin Efendi Pasaribu mengatakan, pihaknya telah menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dihadiri oleh beberapa Ormas Islam seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam dan Pimpinan Cabang (PC) Nahdatul Ulama (NU) Kota Batam pada 24 Mei 2017 lalu. “Besaran zakat fitrah minimal 2,5 kilogram beras dan tidak boleh dikonversi atau diganti dengan uang,” ujarnya kepada KORAN SINDO BATAM, Rabu (14/6).

Sementara berdasarkan fatwa MUI Kota Batam Nomor 6 Tahun 2015, zakat fitrah yang ditunaikan dengan uang mengikuti Mazhab Hanafi dengan harga 3,25 kilogram atau lebih baiknya 3,8 kilogram. “Kalau zakat fitrah dikonversi dengan uang itu minimal 2,5 kilogram atau 3,5 kilogram. Ada juga yang memulai dengan 3,25 kilogram beras. Itu sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 52 Tahun 2014,” katanya.

Dalam rapat tersebut, sambungnya, juga menyepakati tiga cara pembayaran zakat fitrah sesuai dengan keyakinan dan pilihan masing-masing. Di antaranya, membayar dengan makanan pokok dengan berat minimal 2,5 kilogram dan tidak bisa dikonversi dengan uang. Kedua, membayar zakat fitrah dapat dikonversi dengan uang.

“Terakhir atau dengan keduanya. Yaitu membayar zakat dengan beras minimal 2,5 kilogram atau dengan harganya. Sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 52 Tahun 2014,” jelasnya.

Kemenag Batam telah menentukan 19 beras berdasarkan survei pasar yang dilakukan oleh tim khusus. Panduan itu dapat menjadi patokan atau dasar bagi badan atau lembaga yang mengumpulkan zakat fitrah di Kota Batam. “Surat edaran ini telah disebarkan kepada seluruh Batam untuk menjadi perhatian pengurus masjid agar dapat dilaksanakan dengan baik,” kata Resdin.

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Batam, Mochammad Arief mengatakan, pihaknya menetapkan besaran zakat fitrah minimal 2,5 kilogram beras dan minimal 3,25 kilogram jika dikonversi dengan uang. “Kami tetap sesuai dengan panduan yang telah disepakati bersama seperti surat edaran dari Kementerian Agama Kota Batam,” kata Arief.

Dia menambahkan, telah menentukan sembilan harga beras berdasarkan panduan yang diberikan oleh Kemenag Kota Batam. Harga tersebut dimulai dari Rp9.700, Rp11.200, Rp12.000, Rp16.000, Rp18.000, Rp20. 600, Rp22.100 dan Rp42.000 per kilogram. “Jadi jika dibayar dengan uang kami menetapkan dan dimulai dari 3,25 kilogram,” katanya.

Tahun ini, pihaknya menargetkan pengumpulan zakat sebesar Rp5,5 miliar dan Rp2 miliar zakat fitrah di bulan Ramadan. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu sebesar Rp4,2 miliar dan target zakat fitrah Rp1,6 miliar. “Teknik pengumpulan kami telah menyebarkan UPZ (unit pengumpulan zakat) di seluruh Kota Batam agar dapat maksimal,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com