SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Cuaca Buruk Ganggu Pelayaran Antar Pulau

  • Reporter:
  • Kamis, 28 Juni 2018 | 11:41
  • Dibaca : 262 kali
Cuaca Buruk Ganggu Pelayaran Antar Pulau
Ilustrasi. /DOK SINDO BATAM

KARIMUN – Cuaca buruk dan angin kencang yang melanda Kabupaten Karimun menggangu arus pelayaran antar pulau, Rabu (27/6/2018). Imbasnya sejumlah speed boat penumpang di Pelabuhan Antar Pulau Sri Tanjung Gelam, Kelurahan Tanjungbalai Kota harus menunda keberangkatan menuju pulau-pulau sekitar.

Kepala Kantor Syahbandan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Karimun Ridwan Chaniago melalui Kasi Pengawasan dan Keselamatan Kerja Syahrinaldi mengatakan, penundaan keberangkatan speed boat di Pelabuhan Sri Tanjung Gelam dilakukan selama 30 menit. Penundaan terjadi karena jarak pandang dan kondisi perairan di Karimun sangat berbahaya bagi pelayaran kapal jenis speed boat.

“Tadi sempat penundaan sekitar 20 sampai 30 menit,” ujarnya.

Meski sempat menganggu pelayaran di pelabuhan antar pulau, kondisi cuaca pada tidak menggangu aktivitas pelayaran kapal feri di Pelabuhan Domestik dan Internasional Karimun.

“Hanya di pelabuhan antar pulau saja yang ditunda. Untuk yang lain tetap lancar,” katanya.

Pantauan KSOP Kelas II Tanjungbalai Karimun, cuaca Rabu kemarin terjadi gelombang cukup kuat berada di sekitaran perairan Tanjung Rambut. Namun kapal-kapal penumpang dari ataupun tujuan Tanjungbalai Karimun tetap melaluinya dengan lancar.

KSOP mengimbau kepada nahkoda untuk lebih berhati-hati terjadi cuaca buruk. Apabila ketika berlayar cuaca tiba-tiba berubah maka segera mencari tempat berlindung.

“Jika di tengah pelayaran cuaca buruk segera untuk berlindung di pulau pulau sekitar. Selain itu, jangan paksakan dan memaksa keberangkatan karena sangat berbahaya,” kata Syahrinaldi.

ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com