SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dua Kapal Asing Diamankan

  • Reporter:
  • Senin, 15 Oktober 2018 | 09:35
  • Dibaca : 121 kali
Dua Kapal Asing Diamankan
Dua Kapal Asing Diamankan

ANAMBAS – Kapal Republik Indonesia (KRI) Wiratno – 379 berhasil mengamankan dua kapal ikan asing asal Vietnam saat patroli di wilayah perairan Natuna dan Anambas, Jumat (12/10) pagi.

Komandan KRI Wiratno -379 Letkol Laut (P) Indra Dharma mengatakan, penangkapan dua kapal ikan asing tersebut lantaran kapal tersebut sedang melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah kontinen Indonesia. Dan kedua kapal itu tidak memiliki dokumen yang sah sesuai aturan yang berlaku.

“Kedua kapal asal Vietnam kita amankan karena tidak memiliki dokumen yang sah saat melakukan pengambilan ikan di perairan kita,” ujar Indra kepada sejumlah wartawan, Minggu (14/10).

Indra menambahkan, saat patroli pertama, KRI Wiratno-379 mengamankan kapal dengan nomor lambung KG 95315 TS yang dinakhodai Nguyen Toan Trung, Jumat (12/10) pagi sekira pukul 07:40. Tak jauh dari lokasi penangkapan kapal pertama, pihaknya mengamankan kapal dengan nomor lambung KG 94059 TS yang dinakhodai Cang Men Heng. Kapal ini ditangkap pada posisi 03 43.887 LU – 104 52.406 BT sekira pukul 09.50.

“Saat dilakukan penangkapan, kedua kapal tidak ada perlawanan. Kedua kapal beserta 19 anak buah kapal (ABK) diamankan. Mereka berada di wilayah kontinen Indonesia dan kita wajib menjaga kedaulatan perairan kita dari nelayan asing,” ujarnya.

Indra mengatakan, pihaknya akan melimpahkan kedua kapal tangkapan tersebut bersama 19 ABK ke Lanal Tarempa. Pihaknya juga akan menyerahkan sekitar 4,5 ton ikan campuran dari dalam kapal tersebut sebagai barang bukti.

“Kapal dan 4,5 ton ikan campuran sebagai barang bukti akan kita serahkan ke Lanal Tarempa untuk proses hukum lebih lanjut,” ujarnya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com