SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dua Kecamatan Ini Ajak Warga Bersihkan Drainase

  • Reporter:
  • Kamis, 18 Mei 2017 | 13:24
  • Dibaca : 410 kali
Dua Kecamatan Ini Ajak Warga Bersihkan Drainase
Dok KORAN SINDO BATAM.

BATUAJI – Kawasan padat penduduk Batuaji dan Sagulung menjadi kecamatan yang sering dilanda banjir. Hal ini menjadi perhatian serius Pemko Batam dalam mengatasi permasalahan banjir yang kerap dialami masyarakat.

Berbagai upaya dilakukan mengatasi banjir tersebut, salah satunya dengan melakukan normalisasi alur sungai di daerah rawan banjir. Meski demikian, butuh kesadaran dari warga dalam menuntaskan permasalahan ini. Salah satunya dengan mengajak masyarakat menggelar gotong royong bersama membersihkan drainase setiap akhir pekan. “Kami sudah sampaikan ke setiap kelurahan untuk mengirim perwakilan warga di setiap RT-nya minimal 5 orang,” kata Camat Batuaji, Fridkalter, Selasa (17/5).

Gotong royong yang akan dilaksanakan Sabtu (20/5) mendatang rencananya akan dipimpin langsung oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Selain untuk antisipasi banjir, gotong royong juga sebagai upaya menghidupkan kembali budaya gotong royong di setiap Rt. “Mari sama-sama kita terlibat dalam kegiatan ini karena untuk kebaikan bersama,” ujarnya.

Kecamatan Batuaji menargetkan menormalisasi saluran drainase yang sudah banyak tersumbat sampah atau tanah dan selama ini kerap menyebabkan banjir. “Warga yang ikut gotong royong diharapkan membawa peralatan sendiri,” katanya.

Selain meminta warga peran aktif dalam gotong royong massal, dia juga menhimbau agar masyarakat Batuaji tidak lagi membuang sampah sembarangan tempat ataupun ke dalam parit. “Jangan sudah dibersihkan, buang lagi sampah ke dalam saluran air. Yang ada goro akan sia-sia. Mari sama-sama jaga lingkungan dan biasakan hidup sehat,” kata Fridkalter.

Seperti diketahui, Pemko Batam tengah gencar melakukan normalisasi aliran sungai mencegah terjadinya banjir. Sejumlah alat berat diterjunkan mengeruk drainase, namun pekerjaan tak berjalan mulus karena terhalang keberadaan bangunan liar.

Adapun sejumlah lokasi yang menjadi target pengerukan drainase yang terhalang dengan bangunan liar, seperti di sepanjang Jalan R Suprapto Batuaji dari arah Mukakuning. Sedikitnya ada tiga titik drainase yang terhalang dengan bangunan lain yang menutupi drainase, yakni depan Simpang SMKN I Batam, jalan masuk kawasan Sentosa Perdana (SP) Plaza dan di pinggir jalan depan gedung Telkom Batuaji.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com