SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Enam Kotak Suara Rusak, Masih Kurang 35 Kotak

  • Reporter:
  • Rabu, 20 Februari 2019 | 09:39
  • Dibaca : 156 kali
Enam Kotak Suara Rusak, Masih Kurang 35 Kotak
Ilustrasi. DOK SINDO BATAM

PINANG – Sebanyak enam kotak suara untuk Pemilu 2019 di Tanjungpinang ditemukan rusak saat perakitan di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang.

Perakitan kotak suara yang dilaksankan staf KPU Tanjungpinang dimulai, Kamis (7/2). KPU Tanjungpinang melakukan perakitan kotak suara 2.849 kotak suara yang diselesaikan pada Jumat (15/2) pekan lalu. Dari ribuan kotak suara itu hanya enam kotak suara yang ditemukan rusak. Dari 2.849 kotak suara itu, masih kekurangan sebanyak 35 kotak suara untuk di Tanjungpinang. Namun, belum diketahui kekurangan itu akan tiba di Tanjungpinang.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tanjungpinang Muhamad Zain mengatakan, terkait kerusakan kotak suara itu sudah berkoordinasi dengan KPU Tanjungpinang bahwa terdapat kerusakan kotak surat suara. Dia menuturkan, terhadap kondisi tersebut Bawaslu mengimbau kepada KPU untuk segera merekap seluruh jumlah kotak suara yang ada, kekurangan kotak suara dan termasuk yang rusak.

“Tujuannya untuk dilakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk melengkapi kotak surat suara tersebut, mengingat masa penungutan suara 17 April sudah semakin dekat,” kata Zaini saat dikonfirmasi, Selasa (19/2).

Zaini menyampaikan, Bawaslu Tanjungpinang akan intensif melakukan pengawasan terhadap ketersediaan logistik pemilu. Fokus pengawasan Bawaslu terhadap ketersediaan logistik oleh KPU Tanjungpinang. “Kita ingin memastikan tepat jumlah, tepat jenis, tepat sasaran, tepat waktu, tepat kualitas, dan efesien,” kata Zaini.

Sementara itu, Ketua KPU Tanjungpinang Aswin Nasution yang dikonfirmasi melalui pesan singkat dan sambungan telpon terkait kerusakan kotak suara itu belum mau memberikan keterangan resmi. Sebelumnya, Aswin menyampaikan, terkait perakitan kotak suara telah selasai dikerjakan. Namun, dia tak mau menyampaikan berapa jumlah kerusakan kotak suaranya.

“Nanti diplenokan dulu baru tahu berapa jumlah kotak suara yang rusak,” kata Aswin.

Aswin menjelaskan, setiap TPS akan ditempatkan sebanyak lima kotak suara. Adapun jumlah TPS sebanyak 566 TPS tersebar di 18 kelurahan dan 4 kecamatan di Tanjungpinamg, termasuk 1 TPS di Rumah Tahanan Negera Tanjungpinang. Dengan jumlah kotak suara yang diterima, KPU Tanjungpinang masih kekurangan kotak suara sebanyak 35 kotak suara.

“Setiap TPS nanti ada 5 kotak suara (Capres dan Cawapres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota). Kita masih kurang 35 kotak suara,” kata dia. muhammad bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com