SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Imigran Afganistan Dominasi Rudenim Tanjungpinang

Imigran Afganistan Dominasi Rudenim Tanjungpinang
Kepala Rudenim Pusat Tanjungpinang Hamzah.

PINANG – Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pusat Tanjungpinang menampung 696 orang imigran dari berbagi negara. Selain mereka yang ingin mencari suaka ke negara ketiga atau penampung, ada pula yang yang karena melakukan kejahatan seperti pencurian ikan (imigran reguler).

“Dari 696 orang tersebut, imigran asal Afganistan paling banyak yakni 423 orang. Kemudian disusul dari Somalia, Sudah, Yaman, Pakistan, Irak, Iran dan Ethiopia. Sedangkan untuk imigran reguler kebanyakan nelayan dari Thailand dan Vietnam,” kata Kepala Rudenim Tanjungpinang Hamzah di kantornya, Tanjungpinang, Selasa (19/12/2017).

Hamzah mengatakan, jumlah imigran pencari suaka dan pengungsi yang ditampung di Rudenim Pusat Tanjungpinang dan Rudenim Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang sebanyak 328 orang. Jumlah tersebut berasal dari negera Afganistan, Somalia, Sudan, Yaman Pakistan, Irak dan Iran.
Kemudian, pencari suaka dan pengungsi yang ditampung di Batam yang ditempatkan di Hotel Kolekta ada 230 imigran yang berasal dari Afganistan, Somalia, Sudan Ethiopia dan Pakistan.

Selain itu, pencari suaka dan pengunsgi yang berada di Akomodasi Non Deteni (AND) di Sekupang, Batam sebanyak 131 orang, berasal dari Afganistan, Somalia, Sudan, Palestina, Irak dan Iran.

“Sebagian imigran telah mendapatkan status dan akan ditampung di negara-negara ketiga seperti Australia, Kanada, Amerika dan negara-negara di Eropa. Dari Rudenim Tanjungpinang 265 orang dan Batam 46 orang. Mereka tinggal menunggu keberangkatan yang akan difasilitasi UNHCR dan IOM,” katanya

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com