SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Investor Dikawal sampai Beroperasi

  • Reporter:
  • Selasa, 19 September 2017 | 14:00
  • Dibaca : 236 kali
Investor Dikawal sampai Beroperasi
Kemenko Perekonomian gelar sosialisasi dan konsultasi kebijakan percepatan pelaksanaan berusaha di Best Western Premier Panbil. / TEGUH PRIHATNA

BATAM – Proses penerbitan perizinan berusaha di pemerintah pusat dan daerah akan terintegrasi sebagai bagian dari percepatan pelaksanaan berusaha di Batam. Agar benar-benar berjalan, investor akan dikawal sejak mengurus izin sampai bisa beroperasi.

Langkah itu diharapkan dapat memberikan kepastian waktu dan biaya dalam proses perizinan serta meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) tentang percepatan pelaksanaan berusaha. Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Perekonomian Edy Putra Irawady mengatakan, dalam kebijakan ini, konsepsi percepatan pelaksanaan berusaha harus mengubah paradigma birokrasi dari yang memberi izin menjadi melayani (civil servant).

Pertama yakni pembentukan satgas pengawalan perizinan, yang harus dilakukan di semua level pemerintah pusat, provinsi dan daerah.
Kedua menerapkan sistem checklist, kegiatan berusaha di kawasan ekonomi khusus (KEK), free trade zone (FTZ), kawasan industri (KI) dan kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) tanpa menunggu kelengkapan perizinan.

Kemudian data sharing menghilangkan pengulangan rekomendasi perizinan dan reformasi perizinan peraturan berusaha lebih sederhana, cepat, murah dan pasti. Selanjutnya, aturan ini juga memiliki fokus pada reformasi regulasi hingga single submission. “Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa rata-rata investasi dunia itu mencapai USD1.417,58 miliar tapi yang masuk ke Indonesia hanya USD27,99 miliar atau hanya 1,97 persen saja. Karena itu kita perlu melakukan percepatan dan apa saja kendala yang dihadapi,” kata Edy saat sosialisasi kebijakan percepatan pelaksanaan berusaha di Hotel Best Western Premiere (BWP), Senin (18/9/2017).

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com