SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Lampu Colok Dilombakan dari Tingkat Desa

  • Reporter:
  • Jumat, 9 Juni 2017 | 13:52
  • Dibaca : 194 kali
Lampu Colok Dilombakan dari Tingkat Desa
Lampu colok Kecamatan Toapaya juara pada tahun lalu. Pemkab kembali mengelar festival lampu colok menyambut lailatul qadar dan Idul Fitri 1438H.dok

SERI BENTAN – Festival lampu colok kembali digelar mulai malam likuran Ramadan. Tradisi Melayu kuno ini dilaksanakan jelang masuknya malam lailatul qadar dan menyambut datangnya Idul Fitri. Pinggir-pinggir jalan memasuki kampung akan dipenuhi cahaya lampu berbahan bakar bakar minyak tanah pada malam hari.

Tradisi ini saat ini hampir punah, seiring kemajuan jaman dengan masuknya listrik PT PLN, serta semakin langkanya minyak tanah. Akan tetapi, dikarenakan tradisi ini dianggap warisan leluhur budaya lokal, Pemkab Bintan berniat menggalakkan kembali.

“Festival lampu colok ini akan digelar sebagai upaya melestarikan budaya tradisional melayu sekaligus menyemarakkan bulan suci ramadan di Bintan,” ujar Bupati Bintan Apri Sujadi di Toapaya, Kamis (8/6).

Festival lampu colok akan diikuti seluruh desa/kelurahan yang berjumlah 36 desa dan 15 kelurahan. Tiap desa/keluraha dianjurkan membuat satu karya seni yang ornamennya dari tatanan lampu colok yang berbahan minyak tanah serta di tempatkan di lokasi desa/kelurahan tiap-tiap Kecamatan.

Pemerintah akan membentuk panitia kecil yang dikoordinir Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira yang akan menilai tiap-tiap desa/kelurahan.

Menurut Kabag Kominfo Pemkab Bintan Hasfi Handra, kegiatan dapat dijadikan salah satu gelaran wisata religi yang mengandalkan kearifan lokal dan budaya. Festival ini mempunyai keunikan dimana semua bahan ornamen lampu colok bisa dikreasikan serta dapat ditata rapi di seluruh pelosok desa sehingga membuat desa-desa jadi lebih semarak. “Gelaran lampu colok ini juga bisa dijadikan event budaya festival tradisional,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com