SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Mogok Kerja PT Cladtek, Pekerja Tuntut Upah Sesuai Kenaikan UMK

  • Reporter:
  • Rabu, 28 Februari 2018 | 14:59
  • Dibaca : 2516 kali
Mogok Kerja PT Cladtek, Pekerja Tuntut Upah Sesuai Kenaikan UMK
Mogok Kerja PT Cladtek, Pekerja Tuntut Upah Sesuai Kenaikan UMK.

BATUAMPAR – Ratusan pekerja PT Cladtek Batuampar mogok kerja, Selasa (27/2/2018). Mereka menuntut kenaikan upah 2018 sesuai dengan kenaikan upah minimum kota (UMK), yakni 8,71 persen untuk masa kerja nol hingga satu tahun. Sementara untuk pekerja dengan masa kerja lebih dari setahun, kenaikan upahnya 9 hingga 15 persen, sesuai masa kerja.

Ketua Pengurus Unit Kerja (PUK) LEM SPSI Cladtek, Surya Sastra mengatakan, aksi itu merupakan bentuk kekecewaan pekerja yang menilai perusahaan melanggar peraturan yang sudah disepakati bersama. Sebab perusahaan hanya memberikan kenaikan upah 2018 sebesar 2 hingga 4 persen kepada pekerja.
“Sementara skala upah yang diatur dalam peraturan perusahaan bahwa kenaikan upah umum tahunan disesuaikan dengan kenaikan UMK, bukan suka-suka perusahaan,” katanya.

Aksi mogok kerja itu awalnya dilakukan pekerja di dalam perusahaan. Namun pihak perusahaan mengusir para pekerja, sehingga aksi mogok kerja dilakukan di luar pagar perusahaan.

Ketua DPC LEM SPSI Batam, Tengku Afka Nasri menyesalkan tidak adanya itikad baik perusahaan untuk memenuhi tuntutan karyawan. Tidak hanya persoalan skala upah, pihak perusahaan juga dinilai melanggar aturan main penggunaan tenaga kerja asing (TKA) tanpa pendamping.

“Sesuai aturan, setiap penggunaan TKA wajib menggunakan tenaga kerja pendamping lokal,” tegasnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com