SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

MUI Kepri Minta Waspadai Produk Tanpa Label Halal

  • Reporter:
  • Kamis, 16 Maret 2017 | 11:03
  • Dibaca : 390 kali
MUI Kepri Minta Waspadai Produk Tanpa Label Halal
ilustrasi.

PINANG KOTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kepri mengingatkan, masyarakat untuk mewaspadai produk makanan tanpa label halal beredar di pasaran. Jika ditemukan produk makanan tanpa label halal di perjualbelikan di Tanjungpinang, segera melaporkan.

“Sertifikasi produk tidak harus mutlak dari LPOM (Lembaga Pengawasan Obat dan Makanan). Nanti akan ada badan penyelenggara sertifikasi dari NU, Muhammadyah dan MUI. Setelah masuk ke badan tersebut, kemudian disidak oleh di Komisi Fatwa MUI,” kata Ketua Komisi fatwa MUI Kepri Zubat Ahati Muttaqin di Aula Arsip dan Perpustakaan Kota Tanjungpinang, Rabu (15/3).

Menurut dia, produk makanan dan minuman sesuai dengan peraturan harus memiliki label halal. Namun, saat ini MUI memantau masih banyak produk makanan dan minuman tanpa label halal. Pihaknya memenemukan adanya produk yang memiliki nomor regritrasi palsu yang dikeluarkan oleh orang tak bertanggungjawab.

“Kita mengelaurkan nomor registrasi label halal. Kalau ada nomor regristasinya tidak sama dengan yang kita keluarkan, berarti abal-abal,” ujar Zubat.

Dia mengatakan, produk makanan dan minuman yang tidak memiliki label halal, dikhawatirkan bila dikonsumsi. Karena, dianggap sama dengan menipu masyarakat dan termasuk tindak pidana penipuan. Pihaknya berharap, masyarakat cerdas memilih produk yang aman dikonsumsi. Jika tidak memiliki label halal sebaiknya dilaporkan,” kata Zubat.

Pantauan di lapangan, sejumlah produk tanpa label halal mudah ditemukan di sejumlah supermarket dan swalayan di Kota Tanjungpinang. Dari sejumlah produk tersebut tidak tercantum resgistrasui BPOM dan label halal dari MUI.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com