SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pedas Manis Ayam Bumbu Rujak

  • Reporter:
  • Rabu, 15 Maret 2017 | 09:10
  • Dibaca : 470 kali
Pedas Manis Ayam Bumbu Rujak
istimewa

Rujak identik dengan aneka buah dengan siraman sambal kacang yang luar biasa rasanya di lidah. Tapi rujak yang ini berbeda. Ayam bumbu rujak. Warnanya kuing, citarasanya pedas manis.

Meski namanya diimbuhi kata rujak, masakan berbahan utama ayam ini tak menggunakan bumbu rujak buah, melainkan bumbu kuning. Seorang wanita yang disapa Bude Ari mencoba memperkenalkan masakan ini kepada masyarakat Batam melalui outletnya di Food Point, Nagoya Hill.

“Kebanyakan pelanggan berpikir ayam bumbu rujak dengan kuah kacang seperti rujak buah. Padahal beda,” kata Ari di outletnya, Selasa (14/3).

Bumbu ayam rujak tidak berwarna cokelat seperti pada rujak buah. Sambal rujak buah adalah gula merah dan kacang tanah. Sedangkan ayam bumbu rujak menggunakan bumbu kuning yang dibuat dari bawang putih, bawang merah, kemiri, dan cabai untuk memberikan sensai rasa pedas. Bagi yang senang pedas mengigit, takaran cabai bisa ditambah.

Ari mengatakan, rasa ayam bumbu rujak buatannya pas untuk anak-anak karena tidak pedas. Jika ada pengunjung yang datang bersama keluarga ke outletnya, ia bersedia meracik bumbu sesuai selera pengunjung.

Namun sebelum diberi bumbu kuning, daging ayam diolah dulu dengan cara di-ungkep dengan bawang putih, kunyit, jahe, dan ketumbar yang dihaluskan. Proses ini bertujuan agar daging ayam empuk dan lembut, terutama jika jenis ayam yang dipilih adalah ayam kampung. “Ungkep selama 20 menit. Setelah itu ayam ditiriskan,” kata wanita Jawa ini.

Sementara meniriskan daging ayam, bumbu kuning dihaluskan, ditumis, dan diberi air lalu diaduk hingga mengental. Terakhir, ayam dipanggang dalam oven selama 10 menit. Proses memanggang dilakukan, hanya untuk mendapatkan warna cokelat yang cantik.

Saat disajikan, ayam yang telah dipanggang disiramkan dengan bumbu kuning yang beraroma wangi tersebut. “Bumbu rujak yang sudah ditumis diletakkan di atas ayam,” katanya. Ari lalu menambahkan acar mentimun dan sambal sebagai kondimen masakan ini “Acar mentimun biar makin segar. Kalau mau pedas, bisa pakai sambel,” katanya.

Seperti namanya, oulet makanan milik Ari juga menyajikan aneka rujak. Ada rujak buah, rujak pasrah atau rujak serut, rujak bebeg, rujak cingur, hingga ayam bumbu rujak. Meski semuanya disebut rujak, namun menu-menu tersebut berbeda terutama dalam hala komposisi bumbu yang dipakai. Selain rujak, ada juga gado-gado dan pecal.

Harga per porsi rujak buatan Ari dimulai dari Rp16.800 hingga Rp19.550. Sedangkan ayam bumbu rujak yang menggunakan daging ayam kampung dihargai Rp110 ribu, jenis ayam biasa hanya Rp70 ribu.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com