SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Prabowo Instruksikan Merapat ke PDIP, Iman Sutiawan Maju Pilwako Batam

  • Reporter:
  • Rabu, 11 September 2019 | 11:12
  • Dibaca : 211 kali
Prabowo Instruksikan Merapat ke PDIP, Iman Sutiawan Maju Pilwako Batam
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto berorasi di Batam, Maret 2019 lalu. Prabowo menginstruksikan Gerindra Kepri berkoalisi dengan PDIP untuk Pilgub Kepri 2020. /dok sindobatam

BATAM – Partai Gerindra Kepri merapat ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kepri demi menggalang koalisi dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kepri tahun depan. Instruksi tersebut sesuai arahan dari Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

“Pilkada tahun depan kami merapat ke PDIP. Sudah begitu perintah dari atasnya. Tak bisa ditawar-tawar lagi,” kata Bendahara Gerindra Kepri, Nyanyang Haris Pratamura kepada KORAN SINDO BATAM, kemarin.

Ia mengatakan, Gerindra Kepri telah mendapatkan arahan untuk berkoalisi dengan PDIP Kepri. Termasuk sosok yang akan diusung dalam pemilihan umum (pemilu) nanti. Saat ini, katanya, Gerindra belum memiliki calon internal yang akan diajukan dalam berkoalisi dengan partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri ini.

“Calon belum ada. Kami ke Pak Soerya saja. Disuruh ngikut saja. Kalau untuk Batam, Pak Iman Sutiawan yang maju. Itu sudah final,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris DPC Gerindra Kota Batam, Wawan Koswara mengatakan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meminta kadernya sekaligus Ketua Gerindra Batam Iman Sutiawan untuk maju sebagai calon Wali Kota Batam pada pemilu nanti.

“Ya, tentu kami bersyukur karena beliau (Prabowo) yang meminta langsung agar Pak Iman sebagai kader partai maju dalam Pilwako,” kata Wawan.

Wawan tidak menampik adanya arahan dari Prabowo Subianto agar kader terbaiknya di Batam ikut bertarung dan memenangkan Pilwako Batam.

Menurutnya, penyampaian Prabowo itu disampaikan langsung secara lisan pada pertemuan dengan kader Gerindra beberapa waktu lalu di Jakarta. “Insya Allah kami akan berjuang,” ujarnya.

Dukungan politik dari Prabowo akan memberikan semangat agar berjuang lebih sungguh-sungguh guna memenangkan Pilwako Batam. Ia optimis, masyarakat Batam akan memberikan dukungan yang signifikan untuk memilih figur muda, energik, tegas.

“Pak Iman sosok yang muda, energik dan putra daerah kelahiran Pulau Kasu Kecamatan Belakang Padang,” katanya.

PDIP Ancang-Ancang Koalisi

Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) memastikan tetap membangun koalisi pada pemilihan gubernur Kepulauan Riau tahun 2020 mendatang, meskipun partai besutan Megawati itu meraih kursi terbanyak di DPRD Kepri periode 2019-2024 dengan delapan kursi.

PDIP sudah melakukan komunikasi dengan partai Golkar, Gerindra, PKS, PKB, dan Demokrat.

“Kami tetap berkoalisi. Lihat saja perkembangannya nanti,” kata Ketua DPD PDI Perjuangan Kepri Soerya Respationo di Tanjungpinang, Selasa (10/9).

Soerya juga mengaku belum ada keputusan resmi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP terkait nama-nama yang yang akan diusung di Pilgub Kepri tahun depan, meskipun belakangan ini namanya dan Dewan Pembina DPD PDIP Kepri Isdianto digadang-gadang bakal maju dalam perhelatan pesta demokrasi tersebut.

“Iya, bisa dua-duanya yang maju atau salah satunya saja. Itukan nanti DPP yang memutuskan,” katanya.

PDI Perjuangan, kata dia, juga tidak menutup kemungkinan akan mengusung kandidat calon dari luar partai.

“Kami juga akan buka pendaftaran bagi kandidat luar partai yang ingin mencalonkan diri di Pilgub Kepri 2020,” ucap Soerya.

Tiga tokoh Kepri akhir-akhir ini santer disebutkan bakal mengikuti bursa pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri tahun 2020. Ketiganya adalah Ketua DPP PDI Perjuangan Soerya Respationo, Plt Gubernur Kepri Isdianto, dan mantan Wakil Gubernur Kepri, Ismeth Abdullah.

Jika diamati dari segi sisi pendekatan, Soerya Respationo menjadi salah satu tokoh yang dikejar Isdianto berpasangan. Apalagi, duduknya Isdianto di kursi Wakil Gubernur pada masa peralihan tidak lepas dari bantuan Soerya Respationo. Isdianto menyatakan tetap ingin berpasangan dengan Soerya. “Kami kan tidak ada cita-cita berlawanan dan lain sebagainya dengan pak Soerya,” ujar Isdianto di sela-sela pelantikan DPRD Kepri, di Dompak, Senin (9/9).

Namun Isdianto juga tak menampik dalam politik segala kemungkinan bisa terjadi. Apalagi saat ditanya apakah Isdianto memiliki keinginan untuk mencalonkan sebagai gubernur, Ia menjawab keinginan itu selalu pasti ada.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP Kepri Lis Darmansyah, menjelaskan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menggelar rapat kerja daerah untuk menentukan nama-nama yang diusung untuk Pilkada serentak 2020.

Lis tidak menampik bahwa di internal PDIP nama Soerya Respationo masih sangat diunggulkan untuk bertarung di Pilgub Kepri 2020. Apalagi yang bersangkutan merupakan mantan Wakil Gubernur Kepri periode 2010-2015.

“Kalau soal pasangan, kita lihat dulu karakter pemilih di Kepri. Karena itu juga menjadi bahan pertimbangan partai dalam mengusung calon kepala daerah,” ungkapnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com