SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Spanyol Waspadai Iran

  • Reporter:
  • Sabtu, 26 Mei 2018 | 14:21
  • Dibaca : 148 kali
Spanyol Waspadai Iran

MADRID– Kinerja Julen Lopetegui yang bagus bersama tim nasional Spanyol membuat Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) puas.Tapi, bukan berarti beban pelatih berusia 51 tahun itu saat Piala Dunia 2018 akan berkurang.

Lopetegui sukses membantu Spanyol merebut tiket ke Rusia. Tugas dia selanjutnya adalah memulihkan reputasi La Furia Rojayang belum pernah lagi juara sejak memenangkan Piala Eropa 2012. Ya, dia dibebankan meraih trofi saat nanti berlaga di Negeri Beruang Merah mulai 14 Juni nanti. Untuk menciptakan kondisi yang kondusif, RFEF menjamin karier Lopetegui. Mereka akhirnya memutuskan menyodor – kan perpanjangan kontrak kepada mantan pelatih Rayo Vallecano dan FC Porto itu. Keputusan tersebut dibuat Selasa, (22/5) atau sekitar satu bulan jelang perhelatan Piala Dunia 2018.

Menurut Luis Rubiales selaku Presiden RFEF, grafik peningkatan yang ditunjukkan Spanyol di bawah komando Lopetegui menjadi alasan utama pemberian kontrak baru. “Kami tidak bisa membiarkan Lopetegui pergi. Dia seorang profesional dan telah melakukan pekerjaan brilian bersama Spanyol dalam dua tahun terakhir. Hanya membutuhkan beberapa menit untuk menyelesaikannya. Itu sangat mudah. Itu adalah keputusan terbaik bagi tim nasional Spanyol,” kata Rubiales, dilansir Skysports.

Kebijakan RFEF memperpanjang kontrak Lopetegui hingga 2020 bukan tanpa alasan. Sejak menggantikan Vicente del Bosque pada 21 Juli 2016, dia berhasil membangkitkan Spanyol yang sempat terpuruk setelah tersingkir di babak 16 besar Piala Eropa 2016. Lopetegui sukses membawa Negeri Matador tidak terkalah – kan dalam 18 pertandingan beruntun. Spanyol melaju ke Piala Dunia 2018 dengan sangat meyakinkan. Sergio Ramos dkk memuncaki klasemen Grup G. Mereka mengumpulkan sem – bilan kemenangan, satu seri dari 10 laga.

“Saya ingin berterima kasih kepada RFEF dan Presiden Rubiales atas kepercayaan yang diberikan kepada saya dan staf pelatih. Kami memiliki mentalitas pekerja keras. Kami ingin melanjutkannya. Kami sangat senang dengan apa yang kami capai dan kami antusias menyambut masa depan,” ungkap Lopetegui. Kendati demikian, Lopetegui enggan berpuas diri. Mantan kiper Real Madrid dan Barcelona itu berjanji akan bekerja keras agar performa Spanyol terus meningkat sebelum Piala Dunia 2018 berlangsung. Soalnya, pada Piala Dunia 2018, Spanyol yang berada di Grup B dan akan bersua Portugal selaku juara Piala Eropa 2016, Maroko, dan Iran.

Meski pasukannya diunggulkan, Lopetegui enggan jemawa. Lopetegui menegaskan akan mewaspadai setiap lawan, termasuk Iran. Dia menilai keberadaan Pelatih Carlos Queiroz telah membuat Team Melliberkembang pesat. Terbukti, Iran merajai Grup A babak kualifikasi AFC dengan meraih enam kemenangan dan empat imbang. Selain itu, Lopetegui juga memuji Iran sebagai tim yang memiliki jam terbang mumpuni di event internasional. Terbukti, mereka melaju ke Piala Dunia sebanyak empat kali, yakni 1978, 1998, 2006, dan 2014.

“Sebagai tim, Iran memiliki daya saing yang kuat. Mereka akan memberikan permasalahan serius bagi kami di Piala Dunia 2018. Iran telah membuat kemajuan besar di sepak bola dalam beberapa tahun terakhir. Mereka akan menjadi pesaing bagi Spanyol,” ucap Lopetegui. Karena itu, Lopetegui menganggap semua lawan di Grup B berbahaya. Tantangan kian berat lantaran di pertandingan pertama Spanyol akan bersua Portugal pada 16 Juni mendatang disusul Iran (21/6) dan Maroko (26/6).

Alimansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com